Sampaikan Tiga Pesan Penting di KTT COP27, Wapres: Kita Harus Berbagi Beban

Selasa, 08 November 2022 - 07:00 WIB
loading...
Sampaikan Tiga Pesan Penting di KTT COP27, Wapres: Kita Harus Berbagi Beban
Wapres Maruf Amin mengajak semua negara saling membantu mengatasi perubahan iklim. Foto/BiroSetwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memberikan pernyataan nasional pada Konferensi Tingkat Tinggi Conference of The Parties 27 (KTT COP27) di Sharm El-Sheikh, Mesir, kemarin (7/11/2022). Wapres menegaskan tiga poin penting yang perlu dilakukan bersama oleh dunia dalam mengatasi perubahan iklim .



Pertama, KTT COP 27 harus menjadi implementasi kesepakatan-kesepakatan yang akan dihasilkan dan yang telah dihasilkan dari KTT terdahulu.

“Satu tahun pasca-Glasgow (KTT COP26), belum ada kemajuan global signifikan. Untuk itu COP 27 harus dimanfaatkan tidak hanya untuk majukan ambisi, namun juga implementasi. Termasuk pemenuhan dukungan dari negara maju kepada negara berkembang,” tegas Wapres dalam keterangan yang diterima, Selasa (8/11/2022).

Poin penting kedua adalah implementasi kesepakatan tersebut hendaknya dilakukan sesuai dengan kapasitas dan keunggulan masing-masing negara. Setiap negara memiliki potensi yang berbeda dan apabila dimaksimalkan dapat membawa hasil yang terbaik, bahkan dapat menjadi bantuan bagi negara lain yang memiliki keunggulan berbeda.

“Kita semua harus menjadi bagian dari solusi. Semua negara harus berkontribusi sesuai kapasitas masing-masing, dengan semangat burden-sharing (pembagian beban) bukan burden-shifting (pemindahan beban). Negara yang lebih mampu harus membantu dan memberdayakan negara lain,” imbuh Wapres.

Ketiga, Wapres pun memaparkan langkah-langkah konkret yang telah dilakukan Indonesia dalam upaya menurunkan emisi, di antaranya investasi untuk transisi energi, pendanaan untuk aksi iklim, dan meningkatkan target penurunan emisi.

Ke depan, Wapres menekankan langkah nyata seperti ini akan terus dilanjutkan, khususnya dalam keketuaan Indonesia pada KTT G20 dan ASEAN 2023.



“Sebagai Presidensi G20, Indonesia terus mendorong pemulihan hijau serta aksi iklim yang kuat dan inklusif. Ke depan, melalui Keketuaan ASEAN tahun 2023, Indonesia akan terus memberikan perhatian pada penguatan aksi iklim,” papar Wapres.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)