4 Harta Karun Kekayaan Alam Rusia Terbesar yang Jarang Diketahui

Selasa, 15 November 2022 - 10:18 WIB
loading...
A A A
Emas Rusia diproduksi oleh perusahaan yang mencakup Polyus dan Polymetal. Penambang Rusia terutama menjual emas mereka ke bank komersial negara yang kemudian mengekspornya.

2. Berlian

Rusia juga menjadi pemimpin dunia dalam produksi berlian alami dan berlian buatan. Secara volume, Rusia menguasai 26,4% produksi berlian permata global dan 30,2% produksi berlian global kelas industri.

Rusia menambang lebih dari 43 juta karat berlian pada 2018 atau hampir 30% dari total produksi berlian dunia. Itu artinya, Rusia menjadi penambang berlian terbesar di dunia.

Adapun produsen terbesar kedua berlian di dunia adalah Botswana yang menambang 24,3 juta karat. Di Rusia, perusahaan berlian Alrosa menjadi produsen berlian terbesar di dunia berdasarkan volumenya dengan total produksi 36,7 juta karat pada 2018.

Alrosa mengoperasikan 12 tambang di wilayah terpencil, dengan penghuni sangat sedikit di Siberia. Sebagian besar berada di Republik Sakha atau Yakutia, wilayah dengan luas lima kali ukuran Prancis dengan hanya dihuni satu juta jiwa. Sebagian besar pegawai Alrosa yang mencapai 35.000 orang berada di wilayah itu.

3. Titanium dan Magnesium

Rusia memiliki 22 persen ekstraksi spons titanium dunia. Spons titanium merupakan sebuah sumber utama titanium, dan menjadi logam terkuat di dunia yang digunakan untuk pembuatan kendaraan militer, pembuatan senjata, pembangkit listrik tenaga nuklir, pesawat terbang dan pembuatan kapal, serta peralatan pengeboran. Rusia juga memproduksi 5,2 persen magnesium dunia.

Data dari USGS menunjukkan Rusia memproduksi 27.000 ton spons titanium. Membuat Rusia menempati nomor tiga produsen titanium terbesar di dunia dengan kontribusi 13% dari total dunia. Rusia merupakan negara pemasok titanium ke Boeing dan Airbus.

4. Uranium
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9131 seconds (0.1#10.140)