Besok Jokowi dan Xi Jinping Saksikan Uji Dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Begini Persiapannya

Selasa, 15 November 2022 - 12:34 WIB
loading...
Besok Jokowi dan Xi Jinping Saksikan Uji Dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Begini Persiapannya
Uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan disaksikan oleh presiden Joko Widodo dan presiden Xi Jinping, Rabu (16/11/2022). Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping besok diagendakan menyaksikan uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Kedua kepala negara akan menyaksikan secara virtual dari Bali.

Terkait rencana tersebut, Corporate Secretary PT KCIC Rahadian Ratry mengatakan, proses uji dinamis akan dilakukan sepanjang 15 km dari Stasiun Tegalluar menuju Casting Yard 4 di daerah Kopo, kota Bandung.

Pada proses uji dinamis, kereta inspeksi akan melaju dengan kecepatan terbatas hingga maksimal 80 km per jam. Selain melihat proses uji dinamis, ungkap Rahadian, Jokowi dan Xi Jinping juga akan menyaksikan kecanggihan teknologi kereta inspeksi KCJB.

"Karena uji dinamis akan disaksikan secara live melalui telekonferensi. Kami juga sedang menyiapkan jaringan agar agenda live streaming uji dinamis KCJB dapat berjalan lancar. Mohon doa dari masyarakat Indonesia agar semua persiapan bisa berjalan lancar," ujarnya, Selasa (15/11/2022).



Sebelumnya pada Kamis (10/11), rangkaian kereta inspeksi KCJB perdana akhirnya menjajal rel kereta cepat, dalam perjalanannya kereta inspeksi KCJV melaju hingga DK126 atau Casting Yard 4 dengan kecepatan terbatas.

"Alhamdulillah persiapan uji dinamis kereta inspeksi yang dilakukan hari ini berjalan dengan baik. Persiapan uji dinamis ini akan terus kami lakukan agar semuanya berjalan lancar saat G20 showcase," ungkapnya.



Sementara, di Tegalluar, instalasi sistem kelistrikan untuk stasiun dan depo pun sudah rampung. Begitu juga dengan instalasi Listrik Aliran Atas (LAA) yang akan digunakan untuk kebutuhan operasional KCJB pada G20 Showcase. Dengan begitu, kebutuhan energi untuk uji dinamis KCJB sudah tersedia.

“Kebutuhan listrik alhamdulillah sudah ada baik di stasiun, depo ataupun di lintasan yang digunakan untuk uji dinamis nanti,” tutupnya.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)