Sumber Kekayaan Hartono Bersaudara, Konglomerat Berharta Rp660 Triliun

Selasa, 15 November 2022 - 17:28 WIB
loading...
A A A
3. Elektronik
Hartono bersaudara mengembangkan bisnis elektronik melalui merek Polytron. Produknya sangat beragam, mulai dari televisi, AC, kulkas, mesin cuci, set top box, hingga motor listrik.

4. Media
Keluarga Hartono juga memiliki bisnis media komunikasi, yaitu melalui Djarum Media dengan nama Djarum Super Soccer TV, dan Polytron dengan nama Mola TV.



5. Properti
Sektor properti juga menjadi bagian dari bisnis Hartono bersaudara. Grup Djarum diketahui memiliki sejumlah properti bergengsi, mulai dari Menara BCA, mal Grand Indonesia, Hotel Indonesia Kempinski, dan Kempinski Residence.

Proyek properti dengan segmen kelas menengah bawah juga dimiliki, di antaranya WTC Mangga Dua, Mal Daan Mogot, Karawang Resinda, dan Padma Hotel Karawang.

6. Agrobisnis
Agrobisnis juga menjadi sumber pundi-pundi konglomerat Hartono bersaudara. Bisnis tersebut dijalankan melalui PT Hartono Plantation Indonesia atau HPI-Ago. Berdiri sejak 2008, perseroan awalnya berfokus pada pengadaan kelapa sawit di Kalimantan Barat. Kini, HPI-Agro juga mengembangkan komoditi lain seperti cengkeh, tebu, jarak kepyar, dan minyak atsiri.

7. Retail Online dan Media Digital
Dalam beberapa tahun terakhir, Djarum Group telah bergerak ke sektor ritel online yang tumbuh cepat. Mulai dari mengakuisisi Kaskus, Infokost, Blibli, hingga Bolabob, Mindtalk, DailySocial, Kincir, dan Opini.

Grup ini juga memiliki saham pengendali di agensi pemasaran digital Merah Cipta Media. Tak hanya itu, Hartono bersaudara juga berinvestasi di startup game Razer di Singapura.(MG/Bijak Diaz Afianto)

(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)