Peduli Korban Gempa Cianjur, Harita Group Kirim Bantuan Tahap 2

Minggu, 04 Desember 2022 - 12:12 WIB
loading...
Peduli Korban Gempa Cianjur, Harita Group Kirim Bantuan Tahap 2
Seorang anak melintas di sekitar reruntuhan rumah akibat gempa bumi di Gasol, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (29/11/2022). ANTARA FOTO/Novrian Arbi/nym
A A A
JAKARTA - Gempa yang mengguncang kawasan Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11) lalu masih menyisakan duka mendalam bagi masyarakat terdampak gempa bermagnitudo 5,6 SR itu.

BNPB mencatat hingga Sabtu (3/12), total jumlah korban jiwa sebanyak 334 orang, korban luka berat 593 orang, dan yang masih dirawat di rumah sakit sebanyak 49 orang. Selain itu, jumlah pengungsi 114.683 orang dan kerugian materil rumah rusak yang tervalidasi sebanyak 35.601 unit rumah.

Wilayah terdampak gempa Cianjur juga meluas menjadi 16 titik kecamatan atau 169 desa. Data tersebut masih akan terus diperbarui selama masa tanggap darurat.

Bantuan bagi masyarakat terdampak gempa Cianjur pun terus mengalir, termasuk dari perusahaan baik BUMN maupun swasta. Salah satunya Harita Group yang kembali mengirimkan bantuan pada Selasa (29/11). Bantuan tersebut disalurkan melalui Posko Tim Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Siaga Bencana di Desa Mekarsari, Kabupaten Cianjur.

“Bantuan tahap kedua terdiri dari 3 unit tenda ukuran 5x10 meter, 70 pcs jas hujan security, 140 pcs kacamata debu, 15 set senter, 60 pcs baterai dan 120 tas popok bayi,” ungkap General Manager External Relations Harita Bauxite Agus Rusli melalui siaran pers, dikutip Minggu (4/12/2022).



Agus menambahkan, Harita Group melalui unit bisnis Harita Bauxite (PT Cita Mineral Investindo Tbk) dan Harita Nickel (PT Trimegah Bangun Persada dan afiliasinya) bersinergi untuk mendukung kegiatan operasional dan memulihkan wilayah terdampak bencana.

“Ini merupakan wujud komitmen Harita Group untuk mendukung masyarakat terdampak gempa dalam pemulihan pasca bencana agar segera bangkit dan beraktivitas normal kembali,” tuturnya.

Peduli Korban Gempa Cianjur, Harita Group Kirim Bantuan Tahap 2


Terkait bantuan tersebut, Kasubag Tata Usaha dan Kepegawaian BPBD Kabupaten Cianjur Yayan Suryana mengatakan bantuan tersebut akan langsung didistribusikan ke tim BNPB untuk seterusnya segera diberikan langsung kepada masyarakat terdampak.



Sebelumnya, bantuan tahap pertama dari Harita Group sudah dikirimkan pada Sabtu (26/11) berupa sejumlah barang kebutuhan para pengungsi dalam masa tanggap darurat.

Untuk diketahui, Harita Group bergerak di bisnis inti pertambangan dan perkebunan. Konglomerasi yang dikendalikan oleh keluarga Lim itu diketahui memiliki usaha di sektor pertambangan nikel, bauksit, hingga perkebunan sawit dan juga batu bara.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2331 seconds (0.1#10.140)