Mengambil Inspirasi dari Jelajah Perjalanan Sandiaga Uno: Kegagalan Juga Layak Dicatat

Sabtu, 10 Desember 2022 - 22:50 WIB
loading...
A A A
Tidak hanya terhadap masyarakat, dalam perjalanannya itu Sandiaga juga mendapatkan inspirasi yang kemudian melahirkan inovasi politik baru yang kemudian dapat dikontribusikan dalam kedewasaan berpolitik saat ini. Yakni konsep bertanding untuk bersanding.

"Jadi ini yang saya pelajari bahwa ternyata di politik ini kita juga bisa membawa suatu semangat kebersamaan persatuan dan mudah-mudahan di 2024 ini, meski saya tidak tahu apakah saya akan menjadi salah satu peserta atau tidak karena ini nanti akan ditentukan oleh partai politik, tapi saya ingin meyakinkan satu semangat bahwa jangan sampai politik memecah belah kita apalagi polarisasi. Jangan saling dukung yang akhirnya memecahkan kita, memutuskan tali persahabatan kita," kata Sandiaga.

"Banyak peluang dan banyak potensi yang bisa kita konversi menjadi peluang usaha dan lapangan kerja. Keindahan alam Indonesia, sumber daya alam yang melimpah, juga kita lihat keramahtamahan masyarakat Indonesia. Bagaimana target bangsa kita menjadi bangsa Indonesia yang maju bisa kita inspirasikan dan dalam proses membuka peluang usaha dan lapangan kerja," terang Sandiaga.

Sementara itu, Yuga Aden selaku penulis buku "1.500 Inspirasi: Jelajah Perjalanan Sandiaga Uno" mengatakan, melalui buku ini dirinya berharap lebih banyak lagi orang yang mendapat inspirasi.

"Karena Sandiaga adalah seseorang yang sangat luar biasa pemikirannya. Bagaimana orang lain dapat lebih baik penghasilannya, pemikirannya, dan lain-lain, maka akan sangat berharga jika didokumentasikan," kata Yuga.

Secara pribadi Yuga mengatakan, dirinya sepenuhnya mendapatkan banyak inspirasi dari apa yang ia tulis. "Bagaimana kita harus dapat naik kelas, mengubah paradigma pemikiran bahwa kita harus memiliki tujuan," ujar Yuga.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)