6 Tahun OK OCE Berjalan, Sandiaga Uno: Sudah Ciptakan 1,4 Juta Lapangan Kerja

Selasa, 13 Desember 2022 - 20:24 WIB
loading...
A A A
"Hal tersebut berdasarkan data. Namun, anything can happen, semua bisa terjadi begitu saja, maka dari itu kita tidak boleh terlalu kendor dalam memahami kondisi perdagangan nasional."

Di tengah perbincangan kegelapan ekonomi dunia, Indonesia merupakan titik terang atau berpotensi untuk survive.
Alex menambahkan, para perintis usaha ataupun pengusaha yang mau bertahan, yaitu mengikuti training atau kegiatan yang dilakukan OK OCE di antaranya edukasi atau pendampingan. Jika mengikuti keputusan bisnis atau investasi jangan berdasarkan isu yang tidak valid, jadi ambil keputusan berdasarkan data.

“Tipsnya, jangan lupa untuk memonitor data dan informasi yang valid, seperti pemberitaan ekonomi maupun mengikuti pergerakan sosial yang aktif terkait UMKM," tambah Alex.

Sandiaga juga mengibaratkan, jika ekonomi gelap, maka UMKM harus menjadi penerang. “Caranya dengan berkolaborasi. Tekankan Inovatif, Adaptif, dan Kolaboratif," tutur Sandi.

Syukuran ke-6 tahun OK OCE juga dihadiri oleh narasumber lain seperti Elizabeth Ratu Rante Alo, Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Erwita Dian, Erwita Dianti, Direktur Pemasaran Ekonomi kreatif, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, serta Komunitas Penggerak OK OCE yang tersebar di seluruh Indonesia.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)