Sulap Ruang Tamu Jadi Tempat Budidaya Lobster, Warga Parepare Ini Raup Cuan Jutaan Rupiah

Rabu, 11 Januari 2023 - 12:40 WIB
loading...
Sulap Ruang Tamu Jadi Tempat Budidaya Lobster, Warga Parepare Ini Raup Cuan Jutaan Rupiah
Sulap ruang tamu jadi tempat budidaya lobster air tawar, warga Parepare ini raup cuan jutaan rupiah tiap bulan. Foto Eka Erwin Pratama
A A A
PAREPARE - Abdul Hamdi, warga di Jalan Hikmah, Kelurahan Lapadde, Kecamatan Ujung, Kota Parepare , Sulawesi Selatan berhasil menyulap ruang tamu rumah miliknya menjadi tempat budidaya lobster air tawar. Selain untuk hiburan di rumah, budidaya lobster air tawar ini mendatangkan cuan hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

Abdul Hamid menuturkan, budidaya yang dilakukan di ruang tamu rumah miliknya berukuran 8x6 meter. Suasana ruang tamu pun nampak berbeda dari ruang tamu pada umumnya.



Di bagian kanan ruang tamu berjejer beberapa kolam sederhana yang terbuat dari kayu dan terpal berbagai ukuran.

Di sinilah Abdul membudidayakan lobster asal Asutralia berhasil dibudidayakan mulai dari indukan hingga anakan lobster. Setiap harinya Abdul Hamid menghabiskan waktu di ruang tamu, merawat lobster air tawar ini.Tak jarang tamu yang berkunjung ke rumahnya terhibur dengan suara air yang mengalir dari kolam lobster ini.

Awalnya, Hamid memelihara lobster air tawar hanya untuk hiburan. Namun, karena usaha ini menjanjikan, akhirnya ia memutuskan untuk membudidayakannya hingga mendatangkan cuan. Setiap bulan, Abdul Hamid bisa mendapatkan keuntungan mulai Rp3 juta hingga Rp5 juta.

"Perawatannya cukup mudah. Untuk larva yang baru menetas diberi makan nasi. Sementara untuk anakan ukuran satu sentimeter diberikan sayuran berupa toge," ungkap Abdul, Selasa (11/1/2023).

Pengawasan juga harus dilakukan terharap lobster-lobster ini. "Terutama yang sedang bertelur, karena hewan ini memiliki sifat kanibal hingga perlu dipisahkan dari lobster lainnya," tuturnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0966 seconds (0.1#10.140)