Minimarket Domart Resmi Buka di Malaysia, Jual 100% Produk Indonesia

Kamis, 08 Juni 2023 - 12:56 WIB
loading...
Minimarket Domart Resmi Buka di Malaysia, Jual 100% Produk Indonesia
Mendag Zulkifli Hasan (tengah) saat meresmikan beroperasinya minimarket Domart di Malaysia, Rabu (7/6/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Upaya memasarkan produk Indonesia di luar negeri terus digencarkan. Teranyar, minimarket milik warga Indonesia, Domart, resmi dibuka di Malaysia pada Rabu (7/6).

Domart menjadi minimarket pertama di luar negeri yang menjual 100% produk Indonesia sekaligus menyajikan makanan khas Nusantara. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, beroperasinya Domart di negeri jiran menjadi wujud pencapaian kerja sama antara Indonesia dan Malaysia.

“Ini bukan hanya sebuah pencapaian, tapi juga sebuah langkah maju yang besar bagi pertumbuhan ekonomi dan kerja sama antara Indonesia dan Malaysia,” ujar Mendag saat meresmikan beroperasinya Domart, dikutip Kamis (8/6/2023)

Menurut dia, Kementerian Perdagangan (Kemendag) sangat mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) untuk berkontribusi terhadap peningkatan ekspor Indonesia, khususnya ke Malaysia.

Mantan Ketua MPR itu pun mengucapkan terima kasih kepada salah satu pemilik Domart, Wachidal Mustafa Dimyani, yang telah berhasil membuka toko pertamanya di Malaysia. Mendag bilang, Domart tidak hanya sekedar toko, tetapi juga simbol dari kerja sama dan persahabatan antara dua negara.

“Melalui Domart, kita berupaya untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk Indonesia termasuk produk UKM kepada masyarakat Malaysia. Sebaliknya, kita juga berharap Domart dapat menjadi jembatan bagi para pengusaha Indonesia untuk memasuki pasar Malaysia,” tuturnya.

Dia menambahkan, Kemendag berkomitmen memberikan dukungan dan fasilitas yang dibutuhkan UKM dalam meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk, serta memperluas jangkauan pasar mereka. Domart diharapkan menjadi bagian penting dari peningkatan ekspor Indonesia ke Malaysia.

“Saya yakin, dengan dukungan dan kerja sama dari semua pihak, Domart dapat tumbuh dan berkembang menjadi toko yang sukses dan dicintai oleh masyarakat Malaysia,” ucap politisi PAN itu.

Sebagai catatan, ekspor nonmigas Indonesia ke Malaysia pada tahun lalu mencapai USD13,6 miliar, meningkat 27,6% dibandingkan 2021.
Ini merupakan bukti nyata dari kekuatan dan potensi pasar Indonesia. Malaysia bukan hanya sekadar negara tetangga, tetapi merupakan pasar yang sangat potensial bagi produk-produk Indonesia.

Kedua negara serumpun memiliki banyak kesamaan, baik dari segi demografi maupun geografi, yang memungkinkan produk-produk Indonesia dapat diterima masyarakat Malaysia. Selain itu, Malaysia merupakan konsumen potensial untuk produk-produk Indonesia.

“Jadi, kita memiliki dua pasar potensial besar di Malaysia, yaitu masyarakat Malaysia sendiri dan komunitas Indonesia yang besar di sini. Dengan adanya Domart, kita berharap bisa lebih efektif dalam menjangkau kedua pasar ini dan sekaligus meningkatkan ekspor produk kita,” pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)