Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI 2016 Tumbuh 5,3%

Senin, 05 Oktober 2015 - 17:59 WIB
Bank Dunia Prediksi...
Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI 2016 Tumbuh 5,3%
A A A
JAKARTA - Bank Dunia (World Bank) memprediksi, pertumbuhan ekonomi Indonesia 2016 sebesar 5,3%. Hal tersebut didorong dampak positif dari paket kebijakan ekonomi pemerintahan Jokowi yang baru terasa efeknya di tahun depan

Adanya peningkatan investasi pemerintah dan swasta, serta paket kebijakan ekonomi yang dapat mendorong investasi dan ekspor juga ditengarai dapat mendorong pertumbuhan ekonomi 2016.

"Naiknya belanja infrastruktur pemerintah juga bisa menggenjot pertumbuhan ekonomi. Selain itu, kami juga berharap keadaan global bisa men-support kenaikan angka ekspor Indonesia dan diharapkan tingkat konsumsi juga bisa rebound tahun depan," kata Ekonom Utama Bank Dunia untuk Indonesia Ndiame Diop saat konferensi pers di Jakarta Senin (5/10/2015).

Di samping itu, Bank Dunia juga memprediksi, akan terjadi perlambatan secara bertahap terhadap ekonomi China pada 2016 hingga 2017.

Dia mengatakan, hal tersebut karena adanya berbagai kebijakan di China yang dinilai bisa mengendalikan dan menangani risiko penurunan ekonomi.

"Kebijakan tersebut termasuk tingkat utang negara yang tidak terlalu tinggi, aturan melarang tabungan di luar sistem perbankan, dan besarnya peran negara dalam sistem keuangan," katanya.

Menurutnya, jika pertumbuhan China semakin melambat, dampaknya dapat dirasakan di seluruh kawasan, terutama di negara negara yang berhubungan dengan China melalui perdagangan, investasi dan pariwisata.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4018 seconds (0.1#10.140)