Perusahaan Minyak Kakap Dunia Gabung Kurangi Emisi Karbon

Rabu, 02 November 2016 - 19:17 WIB
Perusahaan Minyak Kakap Dunia Gabung Kurangi Emisi Karbon
Perusahaan Minyak Kakap Dunia Gabung Kurangi Emisi Karbon
A A A
LONDON - Perusahaan minyak besar di dunia, termasuk Saudi Aramco dan Shell akan bergabung untuk mendirikan sebuah dana investasi demi mengembangkan teknologi mengurangi emisi karbon dan mempromosikan energi terbarukan

Seperti dikutip dari Reuters, Rabu (2/11/2016), sumber mengatakan bahwa kepala eksekutif dari tujuh perusahaan minyak dan gas yaitu BP (BP.L), Eni (ENI.MI), Repsol (REP.MC), Saudi Aramco, Shell, Statoil (STL.OL) dan Total (TOTF.PA) akan mengumumkan rincian dana dan langkah-langkah lain untuk mengurangi gas rumah kaca di London.

Sektor ini akan mengambil peran aktif dalam memerangi pemanasan global, dan bertepatan dengan Perjanjian Paris 2015 untuk phase out gas rumah kaca buatan manusia pada paruh kedua abad ini.

Kelompok ini bagian dari Oil and Gas Climate Initiative (OGCI), yang diciptakan dengan dukungan dari PBB pada 2014 dan mencakup 11 perusahaan yang mewakili 20% dari produksi minyak dan gas global.

Para pemimpin perusahaan diharapkan merinci untuk menciptakan kendaraan investasi yang akan fokus pada pengembangan teknologi untuk menurunkan emisi dan meningkatkan mesin mobil dan efisiensi bahan bakar, menurut sumber-sumber yang terlibat dalam pembicaraan yang menolak disebutkan namanya.

Dana tersebut juga akan fokus pada cara-cara untuk mengurangi biaya penangkapan karbon dan teknologi penyimpanan (CCS), yang melibatkan emisi karbon dioksida yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil dan menyuntikkan ke dalam gua-gua bawah tanah.

Para CEO juga diharapkan mengumumkan tahap berikutnya dari rencana mereka untuk mengurangi emisi sektor minyak, terutama dengan mengurangi pembakaran kelebihan gas di ladang, meningkatkan penggunaan CCS dan membatasi pelepasan metana, gas yang sangat mencemari sering dipancarkan melalui pipa kebocoran.

Pemimpin OGCI tahun lalu meminta pemerintah untuk menetapkan harga pada emisi karbon untuk mendorong penggunaan teknologi bersih, meskipun beberapa perusahaan termasuk Exxon Mobil (XOM.N) telah menolak gagasan tersebut.

Mereka mendorong untuk membatasi pemanasan global sampai 1,5 derajat Celsius pada akhir abad ini menimbulkan ancaman bagi perusahaan minyak dan gas sebagai transportasi dan listrik secara bertahap bergeser ke arah sumber energi terbarukan seperti surya dan angin.

Perusahaan minyak termasuk Norwegia Statoil, Total Perancis dan Italia Eni, telah meningkatkan investasi mereka di bidang energi terbarukan dalam beberapa tahun terakhir, meskipun masih dikerdilkan bisnis bahan bakar fosil utama.

CEO Total Patrick Pouyanne pada bulan lalu mengatakan, para pemimpin OGCI akan mengumumkan rencana "untuk bekerja secara kolektif untuk mengembangkan teknologi yang akan diperlukan untuk menghadapi isu perubahan iklim".
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3275 seconds (0.1#10.140)