Perang Rusia Ukraina Mengubah Wajah Perdagangan Minyak Global

Kamis, 24 November 2022 - 06:38 WIB
loading...
Perang Rusia Ukraina Mengubah Wajah Perdagangan Minyak Global
Peta pasokan minyak mentah dunia sedang digambar ulang sepenuhnya setelah pecahnya perang Rusia Ukraina, menurut para analis. Lonjakan biaya pengiriman minyak mentah mendorong harga energi. Foto/Dok Zuma Press/Wall Street Journal
A A A
LONDON - Lonjakan biaya pengiriman minyak mentah antara pelabuhan ke pelabuhan di dunia mendorong harga energi. Bahkan ketika prospek suram ekonomi telah menyeret minyak mentah mendekati level terendah tahun ini.

Baca Juga: Sanksi Terbaru Uni Eropa ke Rusia Berisiko Menjerat Banyak Kapal Tanker Minyak

Dampak ekonomi dari perang di Ukraina telah memutuskan banyak rute perdagangan minyak dan produk minyak bumi yang melintasi laut Baltik dan Utara. Sekarang ketika Eropa berebut untuk menemukan pemasok baru dan Rusia ingin mengirim ekspor ke tempat lain, kapal tanker menghabiskan lebih banyak waktu di atas air sebelum mencapai tujuan mereka.

Banyak pengiriman saat ini menghabiskan waktu lima kali lebih lama dalam perjalanan ke kilang atau grosir daripada yang akan mereka lakukan sebelum perang Rusia Ukraina , kata operator kapal tanker dan analis.

Hasilnya adalah bahwa lebih sedikit kapal yang tersedia dalam armada global yang memiliki sedikit prospek untuk berkembang dengan cepat secara ukuran, serta menggerus keuntungan bagi perusahaan pelayaran.

Rata-rata kapal tanker telah menghasilkan lebih dari USD40,000 sehari selama empat bulan, peregangan terpanjang mereka dalam 15 tahun, menurut pialang kapal Clarksons yang berbasis di London.

Baca Juga: Mengintip 5 Perusahaan Kapal Tanker Minyak Mentah Terbesar

Harga spot untuk pengiriman dengan kapal modern yang dikenal sebagai kapal pengangkut minyak mentah yang sangat besar, dimana membentang lebih dari tiga lapangan sepak bola panjangnya dan membawa dua juta barel minyak, melampaui USD115.100 per hari pada 18 November.

Angka itu meningkat 11 kali lipat dari tarif rata-rata harian untuk kapal dengan ukuran tersebut tahun lalu.

Kenaikan harga muncul pada saat yang penting bagi pasar minyak, dengan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutu mereka yang dipimpin Rusia akan bertemu pada 4 Desember di tengah permintaan global yang melambat dan ketegangan dengan Amerika Serikat (AS).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1496 seconds (11.97#12.26)