Luhut: Pelabuhan Kuala Tanjung Tumbuhkan Industri Baru

Sabtu, 14 Januari 2017 - 07:12 WIB
Luhut: Pelabuhan Kuala Tanjung Tumbuhkan Industri Baru
Luhut: Pelabuhan Kuala Tanjung Tumbuhkan Industri Baru
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan semringah atas selesainya pembangunan tahap I terminal multipurpose di Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Sumatra Utara.

Dalam kunjungan kerjanya, Jumat (13/1), Luhut mengatakan Pelabuhan Kuala Tanjung yang dibangun oleh PT Pelabuhan Indonesia I akan dapat menumbuhkan industri baru.

Terminal ini sendiri memiliki fasilitas jembatan (tresle) sepanjang 2,7 km, container yard dengan kapasitan 500.000 TEUs (twenty-foot equivalent unit) dan dermaga sepanjang 500 meter.

"Saya kira Pelindo I akan semakin bagus dengan manajemen yang ada sekarang ini dengan kompetensi, disiplin, dan team work yang dilakukan. Mereka ini bisa membuat perusahaan lebih bagus ke depan,” ujarnya melalui siaran pers, Sabtu (14/1/2017).

Mantan Menkopolhukam ini juga mendukung rencana Pelindo I yang ingin membangun pembangkit listrik di area pelabuhan.

"Nanti PT Inalum bantu membangun listriknya, kita naikkan saja sendiri kapasitas pembangkit listrik sehingga tidak terlalu tergantung pada PLN. Biayanya juga bisa lebih murah dengan sharing investasi," sambungnya.

Adapun tahap kedua pembangunan pelabuhan ditargetkan selesai pada 2018. Tahap kedua ini meliputi pengembangan kawasan industri seluas 3.000 hektare.

Sedangkan tahap ketiga pembangunan terminal hub peti kemas internasional, dijadwalkan rampung pada 2019. Dan tahap keempat adalah pembuatan kawasan industri terintegrasi sebagai kota pelabuhan (city port), yang dijadwalkan selesai tahun 2023.

"Jika selesai, kapasitas Kuala Tanjung sendiri akan sampai ke 7,5 juta TEUs. Kalau terintegrasi dengan Inalum dan industri minyak sawit yang ada di sini, kawasan ini akan jadi satu pusat perekenomian yang lebih besar dan ekonomi akan lebih efisien," tandasnya. Pelabuhan Kuala Tanjung sendiri diharapkan dapat selesai pada semester II tahun ini.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4092 seconds (0.1#10.140)