Kejar Target Ekspor, Kemendag Rotasi Pejabat di Luar Negeri

Selasa, 28 Februari 2017 - 13:41 WIB
Kejar Target Ekspor, Kemendag Rotasi Pejabat di Luar Negeri
Kejar Target Ekspor, Kemendag Rotasi Pejabat di Luar Negeri
A A A
JAKARTA - Untuk mencapai target ekspor yang telah digariskan pemerintah, Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah melakukan reposisi terhadap tugas perwakilan perdagangan di luar negeri.

Pejabat perwakilan luar negeri terdiri dari Atase Perdagangan, Konsul Dagang, Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI), dan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC).

Pejabat perwakilan bukan hanya sebagai government agent, tetapi juga menjadi business agent. Tugas pejabat perwakilan antara lain menjadi anggota tim perundingan bilateral Indonesia dengan negara akreditasi, marketing agent sebagai penghubung seller-buyer, merekomendasikan pengembangan produk dari merk-merk tertentu, serta memberikan rekomendasi skema trade financing yang efisien.

Dalam reposisi ini, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda mengatakan, perwakilan perdagangan harus mencermati perkembangan perdagangan negara akreditasi. Selain itu, melihat potensi yang dapat dimanfaatkan Indonesia sebagai peluang dalam meningkatkan ekspor Indonesia ke negara akreditasi.

"Setiap perwakilan perdagangan di luar negeri akan diberikan target ekspor yang harus dicapai dalam tahun 2017 guna mengejar target peningkatan ekspor nasional sebesar 5,63 persen," ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (28/2/2017).

Forum yang berlangsung di Sulawesi contohnya, menjadi pertemuan penting bagi para pelaku bisnis atau eksportir di Sulawesi Selatan. Diharapkan mereka dapat memanfaatkan secara optimal kehadiran perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri untuk mengetahui berbagai aspek perdagangan dan peluang ekspor.

“Pelaku bisnis dapat menyerap informasi mengenai peluang komoditas produk Sulawesi Selatan di negara akreditasi perwakilan perdagangan. Sebaliknya pejabat perwakilan luar negeri juga melakukan pertemuan atau kunjungan langsung ke perusahaan sebagai modal untuk mempromosikan produk atau komoditas unggulan Provinsi Sulawesi Selatan di pasar internasional,” pungkas Arlinda.

Ada sekitar 54 negara tujuan ekspor produk-produk Sulawesi Selatan dan yang menjadi tujuan ekspor utama antara lain ke Jepang, Amerika Serikat, China, Malaysia, dan Vietnam.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6761 seconds (0.1#10.140)