Menkeu Minta Bea Cukai Jaga Negara dari Barang Selundupan

Selasa, 28 Maret 2017 - 13:41 WIB
Menkeu Minta Bea Cukai Jaga Negara dari Barang Selundupan
Menkeu Minta Bea Cukai Jaga Negara dari Barang Selundupan
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) untuk selalu menjaga negara dari barang-barang penyelundupan yang masuk ke Indonesia.
Pasalnya, meski sudah dilakukan pengawasan ketat terhadap barang yang akan dikenakan cukai, namun ada saja barang-barang ilegal yang masuk ke Indonesia.

Saat ini, DJBC mendapat pandangan kritik sekaligus harapan luar biasa dari pemerintah dan masyarakat yang menilai mereka sebagai salah satu bagian terpenting dari pendapatan negara.

"Saya minta DJBC mengumpulkan pendapatan negara dan jaga negara kesatuan kita dari barang penyelundupan berbahaya. Selain itu, ciptakan institusi yang bersih. Ini tugas DJBC dimanapun kalian berada. Di pelabuhan manapun dan tugas apapun yang Anda lanjutkan," kata Sri Mulyani, Jakarta, Senin (27/3/2017) malam.

Selain itu, dia juga meminta kepada DJBC jika berada di lapangan agar situasi yang mengandung risiko besar, hendaknya tidak didiamkan saja dan harus segera dilaporkan kepada Kementerian Keuangan sebagai lembaga kementerian yang membawahi DJBC.

Sri juga tidak lupa mengingatkan DJBC agar selalu membantu negara dengan orang-orang yang profesionalitasnya tinggi. Sehingga, seberat apapun tugas yang dijalankan, tidak akan terasa berat dan menjadi beban untuk pegawai di lingkungan DJBC Kemenkeu.

"Kita dan semua yang berada di lingkungan Kemenkeu, harus bersama membantu negeri dengan orang-orang yang profesional, membangun sistem bukan hanya buat kita nyaman bekerja tapi juga dihormati masyarakat sebagai sistem yang baik adil dan transparan," terangnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7026 seconds (0.1#10.140)