Menteri Rini Tak Puas Kinerja Arif Wibowo di Garuda

Selasa, 18 April 2017 - 12:54 WIB
Menteri Rini Tak Puas Kinerja Arif Wibowo di Garuda
Menteri Rini Tak Puas Kinerja Arif Wibowo di Garuda
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno nampaknya belum puas dengan kinerja Arif Wibowo selama menjabat sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA). Hal ini yang menjadi salah satu alasan Rini mencopot Arif Wibowo dan menggantikannya dengan Pahala N Mansury sebagai Dirut Garuda.

(Baca Juga: Pahala Mansury Jabat Dirut Baru Garuda Gantikan Arif Wibowo)

Dia menilai, Garuda belum cukup kuat selama dipimpin mantan Dirut Citilink tersebut. Padahal, Rini berharap BUMN maskapai tersebut bisa berkompetisi baik di lingkup nasional maupun global.

"Belum (kekuatan Garuda di zaman Arif Wibowo). Memang menurut saya ada hal yang saya melihat masih perlu diperkuat," katanya di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Menurut Rini, saat ini Garuda memerlukan restrukturisasi secara menyeluruh, baik dari segi operasional maupun keuangan. Terutama, terkait sinergi dengan anak usaha perusahaan pelat merah tersebut.

"Jadi, memang struktur secara operasional menyeluruh, terutama sinergi antara Garuda, Citilink, dengan GMF, dan aktivitas yang lain termasuk Aerowisatanya," imbuh dia.

Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan ini menuturkan, kompetitor Garuda saat ini sudah banyak melakukan sinergi dan eksperimen dengan anak usahanya. Mereka tidak hanya menjual tiket, namun juga paket komplit dengan hotel dan akomodasinya.

Hal tersebut yang ingin diwujudkan Rini melalui pergantian posisi Dirut Garuda. Pahala N Mansury diharapkan bisa mewujudkan cita-cita tersebut. "Bagaiman ke depan kompetitor kita mereka menjualnya dengan paket. Bukan hanya tiket pesawat, tapi juga hotelnya, transportasi daratnya. Nah, ini yang secara sistem mau kita perbaiki di sana," terangnya.

Baca Juga:
Pahala Mansury Ungkap Alasan Ditunjuk Jadi Bos Garuda Indonesia
Saat Menjabat Dirut Garuda, Arif Wibowo Beri Citra Positif

Seperti diberitakan sebelumnya, dengan alasan meningkatkan performa dan digital marketing, PT Garuda Indonesia melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) melakukan perombakan direksi, salah satunya posisi Direktur Urama.

Posisi Direktur Utama yang sebelumnya dijabat Arif Wibowo kini ditempati oleh Direktur Keuangan Bank Mandiri Pahala Nugraha Mansury. Selain itu, Garuda juga mengangkat enam orang direksi lainnya dalam RUPS. Pengangkatan direktur tersebut diharapkan menjawab kebutuhan Garuda Indonesia sebagai maskapai bintang lima untuk lebih mengepakkan sayap melalui peningkatan layanan serta penguatan digital marketing.

Melalui RUPS tersebut, Pahala Nugraha Mansury diangkat sebagai Direktur Utama, Helmi Imam Satriyono sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko, Nicodemus P Lampe sebagai Direktur Layanan, Puji Nur Handayani sebagai Direktur Produksi, Nina Sulistyowati sebagai Direktur Marketing dan Teknologi Informasi, Linggarsari Soeharso sebagai Direktur SDM dan Umum, dan Sigit Muhartono sebagai Direktur Kargo.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan, pengangkatan direktur ini lebih sebagai upaya untuk memastikan supaya Garuda tidak ketinggalan kompetisi.

"Pengangkatan manajemen di Garuda tetap mengutamakan pemenuhan persyaratan perusahaan maskapai penerbangan. Nomenklatur direksi Garuda juga mengedepankan bagaimana Garuda bisa menjawab kompetisi dan tantangan pasar melalui perbaikan organisasi secara menyeluruh," katanya beberapa waktu lalu.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7823 seconds (0.1#10.140)