Indonesia Andalkan Australia untuk Impor Garam

Senin, 31 Juli 2017 - 17:30 WIB
Indonesia Andalkan Australia untuk Impor Garam
Indonesia Andalkan Australia untuk Impor Garam
A A A
PEKANBARU - Impor garam dipastikan bakal ditempuh pemerintah, dalam upaya untuk menekan lonjakan harga garam di Tanah Air dalam beberapa hari terakhir. Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution menerangkan banyak negara yang akan menjadi alternatif sebagai tujuan impor.

"Namun tujuan utama kita adalah mengimpor garam dari Negara Australia," ucap Darmin saat melakukan kunjungan kerja di Pekanbaru, Riau Senin (31/7/2017).

Pemerintah diterangkan juga sedang mencari tahu apa yang menjadi penyebab harga garam di pasaran melambung. Perintah kedepannya yakni membenahi petani garam agar bisa memproduksi garam lebih banyak. "Karena kenaikan bukan hanya terjadi di garam yang dikonsumsi, tetapi garam non konsumsi juga," paparnya.

Hasil penelusuran, diyakini tingginya harga garam yang memaksa pemerintah membuka keran impor karena petani garam kurang diperhatikan. Kedepannya pemerintah berjanji akan membenahi berbagai infrastruktur untuk petani garam. "Kita terus cari akar permasalahan mengapa bisa tinggi harga garam," tandasnya.

(Baca Juga: Impor Garam Lewat Tiga Pelabuhan Mulai Bulan Depan
Sementara itu sebelumnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan, impor garam yang dilakukan PT Garam melalui tiga pelabuhan di Indonesia yaitu Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Belawan, dan Pelabuhan Ciwandan. Waktunya telah ditentukan pada 10 Agustus 2017.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6188 seconds (0.1#10.140)