BKPM Ungkap Sektor-Sektor Penyelamat Ekonomi Indonesia

Selasa, 24 Juli 2018 - 12:34 WIB
BKPM Ungkap Sektor-Sektor Penyelamat Ekonomi Indonesia
BKPM Ungkap Sektor-Sektor Penyelamat Ekonomi Indonesia
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menyebut ada sejumlah sektor yang menjadi penyelamat ekonomi Indonesia. Sektor-sektor tersebut di antaranya adalah pariwisata, gaya hidup (lifestyle), pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) dan e-commerce.

Thomas menjelaskan, sektor pariwisata dan lifestyle jadi motor ekonomi pada abad 21 di Indonesia seiring dengan gencarnya perkembangan teknologi.

(Baca: Booming E-Commerce, Indonesia Kini Jadi Incaran Investor)

"Instagram, Facebook, Twitter bisa kita lihat tiap hari orientasi lifestyle dan experience ini ke ekonomi," ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Sementara, sektor pariwisata menurutnya memperlihatkan angka-angka pertumbuhan yang di atas pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Pertumbuhannya jelas 14-17% per tahun di saat ekonomi kita tumbuh hanya 5% per tahun," tuturnya.

Kemudian, lanjut Thomas, meski banyak yang tidak menyadari, yang paling besar dampaknya terhadap investasi yang dicatatkan BKPM adalah pembangunan smelter.

"Kalau secara sempit FDI (foreign direct investment) dan DDI (domestic direct investment) ada dua sektor yang menyelamatkan pada dua tahun terakhir, smelter dan e-commerce kita yang pertumbuhannya 20-25% per tahun. Sementara, ekonomi kita hanya tumbuh 5% per tahun. Jadi itulah motor penggerak ekonomi kita yang baru yang harus kita jaga," pungkasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6729 seconds (0.1#10.140)