Wall Street Anjlok Karena Rencana Impeachment Trump

Jum'at, 24 Agustus 2018 - 10:31 WIB
Wall Street Anjlok Karena Rencana Impeachment Trump
Wall Street Anjlok Karena Rencana Impeachment Trump
A A A
NEW YORK - Pasar saham Amerika Serikat alias Wall Street pada perdagangan Kamis waktu setempat anjlok karena meningkatnya perang dagang AS-China dan masalah politik dalam negeri, dimana ada permufakatan untuk menjatuhkan Presiden AS Donald Trump.

Melansir dari CNBC, Jumat (24/8/2018), indeks Dow Jones Industrial Average turun 76,62 poin menjadi 25.656,98. Indeks S&P 500 ditutup 0,2% lebih rendah ke level 2.859,98 dan Nasdaq tergelincir 0,1% menjadi 7.878,46.

Ketegangan perang tarif antara AS dan China membuat dua saham perusahaan global, Caterpillar dan Boeing turun masing-masing 2% dan 0,7%. Saham Deere juga merosot 1%. Saham Tech Alibaba dan Netflix menyerah masing-masing 3,2% dan 1,5%.

Kemarin, AS dan China saling menerapkan bea masuk 25% atas produk impor masing-masing senilai USD16 miliar. Meski kedua negara sedang melakukan pembicaraan namun tidak banyak perubahan.

"Saya pikir ada kekecewaan dari perang tarif yang mulai berlaku hari ini," kata Kate Warne, ahli strategi investasi di Edward Jones. Dan menurut dia, harapan meredanya perang dagang dengan perundingan kembali belum ada perubahan.

Selain perang dagang, Wall Street juga mengkhawatirkan masalah hukum Trump. Mantan pengacara pribadi Trump yang sudah dipecat yaitu Michael Cohen menuduh bekas majikannya melakukan penipuan pajak, membuat pernyataan palsu kepada lembaga keuangan soal sumbangan dana kampanye presiden.

Masalah hukum telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah Trump akan tetap menjabat sebagai presiden? Dalam sebuah wawancara dengan "Fox and Friends," Trump mengatakan: "Jika saya diberhentikan, saya pikir pasar akan crash. Saya pikir semua orang akan jatuh jadi sangat miskin."
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7996 seconds (0.1#10.140)