Gejolak Ekonomi Global Bakal Terus Tekan Rupiah Hingga Rp14.900

Selasa, 25 September 2018 - 20:22 WIB
Gejolak Ekonomi Global Bakal Terus Tekan Rupiah Hingga Rp14.900
Gejolak Ekonomi Global Bakal Terus Tekan Rupiah Hingga Rp14.900
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) diprediksi mencapai level Rp14.900 dalam jangka pendek. Bank Indonesia juga diperkirakan kembali meningkatkan suku bunga untuk kelima kalinya sejak pertengahan Mei 2018. Ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed dan cekcok perdagangan AS-China membuat rupiah tetap rentan di wilayah negatif.

Research analyst dari FXTM Lukman Otunuga mengatakan, nilai tukar rupiah tergelincir karena situasi dagang yang semakin tegang antara dua ekonomi terbesar dunia. Investor memilih waspada di awal pekan perdagangan ini, setelah China membatalkan rencana negosiasi dagang dengan AS di akhir pekan. Sentimen pasar semakin memburuk saat Presiden Donald Trump mulai memberlakukan tarif terhadap USD200 miliar barang China di hari Senin.

"China diperkirakan membalas dengan tarif USD60 miliar terhadap barang AS, sehingga penghindaran risiko sepertinya akan semakin tinggi dan semakin menekan rupiah serta mata uang pasar berkembang lainnya," ujar Otunuga dalam siaran pers, Selasa (25/9/2018).

Walaupun sentimen pasar tetap sangat dipengaruhi perkembangan situasi dagang global, fokus juga akan tertuju pada rapat The Fed pekan ini. Suku bunga AS diprediksi akan ditingkatkan di September dan mungkin ditingkatkan kembali untuk keempat kalinya pada Desember.

"Kenaikan suku bunga mendatang ini sudah sangat diperhitungkan dalam harga saat ini. Namun masih dapat memicu arus keluar modal dari pasar berkembang, termasuk Indonesia," ujarnya.

Bank Indonesia akan menjadi pusat perhatian di hari Kamis pekan ini. Kenaikan suku bunga mungkin dapat membantu rupiah, namun penurunan berulang kali dalam beberapa pekan terakhir memastikan bahwa rupiah tetap tertekan oleh berbagai faktor eksternal.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7829 seconds (0.1#10.140)