Jelang Puasa, Kementan Pastikan Pasokan Bawang Merah Aman

Minggu, 31 Maret 2019 - 14:36 WIB
Jelang Puasa, Kementan Pastikan Pasokan Bawang Merah Aman
Jelang Puasa, Kementan Pastikan Pasokan Bawang Merah Aman
A A A
JAKARTA - Pasokan bawang merah jelang bulan puasa dipastikan aman. Hal itu didasarkan luasnya penanaman bawang di sejumlah sentra seperti Brebes dan daerah-daerah penyangganya.

Hingga kini, posisi Brebes sebagai sentra terbesar bawang merah masih belum tergoyahkan. Setiap tahun luas tanam di daerah ini kurang lebih 30.000 hektare (ha). Tak sedikit pula petani Brebes berani memperluas areal tanamnya hingga keluar daerah, di antaranya Indramayu, Cirebon, Majalengka, Tegal, Pemalang, Kendal hingga Demak.

"Tujuannya selain mencari lahan baru, juga untuk mengatur pola tanam. Saat di Brebes panen berkurang, maka daerah-daerah penyangga di luar Brebes seperti Demak, Kendal dan Pemalang justru panen dan mampu mengisi pasokan. Pola ini bagus untuk menjaga agar pasokan dan harga di Jabodetabek aman. Petani biasanya juga dapat harga bagus," ungkap Direktur Sayuran dan Tanaman Obat M Ismail Wahab, Minggu (31/3/2019).

Menurut Ismail, pemerintah tak ingin pasokan bawang merah ke Jabodetabek hanya mengandalkan Brebes saja. Selain di Pantura Jawa, juga ada di Pamekasan, Sumenep, Bojonegoro, Malang, Garut, Bandung, Bima, Bantaeng hingga Enrekang. Program APBN menurutnya juga telah menjangkau ratusan kabupaten/kota seluruh Indonesia. Dampaknya, penanaman meluas dan pasokan bawang merah bisa diisi dari mana-mana, tak hanya Brebes.

Kasubdit Bawang Merah dan Sayuran Umbi M Agung Sunusi optimistis pasokan bawang merah mencukupi sepanjang tahun. "Saya sudah keliling Demak dan Kendal sejak kemarin. Di Demak ratusan bahkan ribuan hektare bawang merah terhampar luas di Mijen dan Karanganyar. Demikian juga di Kendal, ratusan hektare bawang merah terhampar di Gemuh, Pegandon, Kangkung, Ringinarum dan kecamatan lainnya. Rata-rata ditanam varietas Bima Brebes yang memang disukai pasar Jabodetabek," katanya.

Menurut dia, setiap hari ada panen di dua daerah tersebut, mendukung pasokan pasar Jabodetabek, Semarang serta kota- kota besar lainnya. Luas areal bawang merah di Kecamatan Mijen dan Karanganyar saat ini mencapai lebih dari 1.600 hektare.
Beberapa kecamatan yang panen untuk menyambut puasa dan Lebaran di antaranya Ngampel, Gemuh, Kankung, Cepiring dan Rowosari, dengan luas panen mencapai 350 hektare.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8219 seconds (0.1#10.140)