Kebutuhan Bawang Putih di Indonesia Capai 500 Ribu Ton

Jum'at, 19 April 2019 - 00:37 WIB
Kebutuhan Bawang Putih...
Kebutuhan Bawang Putih di Indonesia Capai 500 Ribu Ton
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat kebutuhan nasional untuk bawang putih mencapai 500 ribu ton per tahun. Hal ini bakal terus bertambah mengingat bawang putih merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat.

"Saat ini secara nasional, kebutuhan bawang putih kita itu sebesar 500.000 ton per tahun," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Tjahja Widayanti di Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Terkait minimnya pasokan bawang putih sehingga harga meninggi, kata dia, Kemendag akan bekerjasama dengan importir mendatangkan 8 ton bawang putih untuk operasi pasar. Tujuan operasi pasar ini untuk menstabilkan harga bawang putih yang melonjak beberapa pekan terakhir.

"Jika harganya belum turun juga akan ada operasi pasar khusus. Tapi kita kan sudah mulai melakukan operasi pasar dari sekarang, saya harap enggak usah sampai operasi pasar khusus. Importir juga sudah membantu kita untuk membantu masyarakat luas ya," jelasnya.

Tjahya mengungkapkan ada lima importir yang berkomitmen untuk melepas ketersediaan bawang putihnya ke pasar, termasuk PT Mahkota Abadi Prima Jaya. Namun demikian, ia belum memiliki angka pasti pasokan bawang putih yang tersimpan di gudang importir tersebut.

"Mereka masih melihat dan menghitung. Pasti teman-teman importir melihat apakah bawang putihnya masih layak atau tidak, jadi perlu dilihat dulu," katanya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9454 seconds (0.1#10.140)