BOD Forum 2019, HT: Bersinergi, MNC Group Siap Bermultiplikasi

Jum'at, 29 November 2019 - 20:31 WIB
BOD Forum 2019, HT: Bersinergi, MNC Group Siap Bermultiplikasi
BOD Forum 2019, HT: Bersinergi, MNC Group Siap Bermultiplikasi
A A A
BOGOR - Sinergi akan menghasilkan multiplikasi bila dilandasi business model yang benar dan tim yang solid. Untuk mencapai itu ada beberapa tahapan yang harus ditempuh.

"Sinergi menciptakan multiplikasi, satu tambah satu bukan dua, tapi mungkin tiga atau empat," kata Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) saat memberikan arahan di BOD Forum IV MNC Group bertema Let's Collaborate to Win di Lido Lake Resort, Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/11/2019).

HT mengungkapkan sinergi sangat penting. Namun harus diperhatikan urutan langkah untuk meraih keberhasilan. Pertama, adalah model bisnis yang benar. Business model, lanjut HT, harus dipastikan realistis dan sejalan dengan ekosistem. (Baca juga: Sambut Positif MNC Sales Day, HT: Produk Harus Tepat )

"Business model yang tepat sasaran. Zaman sudah berubah, kita harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Perubahan apapun, dengan kondisi yang ada kita sesuaikan business model kita, baru kolaborasi itu bisa berjalan dengan baik," ujarnya.
BOD Forum 2019, HT: Bersinergi, MNC Group Siap Bermultiplikasi
Langkah kedua untuk mencapai keberhasilan adalah sumber daya manusia (SDM) harus dipastikan memiliki manajemen yang benar. "Struktur organisasi yang benar, kultur yang benar, SOP yang benar, yang sejalan dengan business model," ungkapnya.
Ketiga, yaitu sinergi atau kolaborasi. Kolaborasi di dalam timnya sendiri harus kuat dan solid. "Kerja samanya harus baik dan juga kolaborasi antar divisi-divisi, antarperusahaan di dalam MNC Group," tuturnya.

Bila ketiga hal tersebut dilakukan dengan urutan yang benar, maka pencapaian akan lebih baik. "Kalau kita melakukan urutan seperti ini, kita akan mencapai goal yang lebih baik," kata pria yang telah memberikan kuliah umum di 200 lebih perguruan tinggi se-Indonesia itu.
BOD Forum 2019, HT: Bersinergi, MNC Group Siap Bermultiplikasi
HT menambahkan selama 2 hari penyelenggaraan BOD Forum IV MNC Group, banyak ide-ide kreatif bermunculan. Ada yang merupakan hasil diskusi bersama sebelumnya dengan Hary, maupun yang dibangun sendiri oleh para peserta. Ada berbagai hal yang didapatkan dalam pertemuan tersebut, baik ide yang menginsipirasi maupun untuk perbaikan-perbaikan.
Chairwoman MNC Group Liliana Tanoesoedibjo mengatakan, BOD Forum berlangsung dengan luar biasa. "Mereka punya inisiatif dan ada sesuatu yang baru juga, jadi itu adalah sesuatu yang menarik bagi kita semua. Dengan acara ini, mereka makin solid dan berkolaborasi satu dengan yang lain," tuturnya.
BOD Forum 2019, HT: Bersinergi, MNC Group Siap Bermultiplikasi
BOD Forum IV MNC Group berlangsung selama 2 hari, yaitu 28-29 November 2019. Beberapa rangkaian kegiatan digelar, antara lain meninjau proyek Lido, outdoor activity, dinner & performance night, dan berbagai workshop untuk mengembangkan wawasan dan inovasi.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5820 seconds (0.1#10.140)