Stok terbatas, pedagang daging harus antre

Rabu, 08 Agustus 2012 - 11:30 WIB
Stok terbatas, pedagang daging harus antre
Stok terbatas, pedagang daging harus antre
A A A
Sindonews.com - Permintaan daging sapi di Demak Jawa Tengah menjelang Lebaran terus meningkat. Sejumlah rumah jagal daging pun masing-masing telah menyiapkan 150 ekor sapi untuk mengantisipasi lonjakan permintaan. Sementara para pedagang harus mendatangkan daging sapi dari luar daerah, karena stok daging terbatas.

Sejumlah rumah jagal daging sapi di area pasar Bintoro Demak kini kewalahan memenuhi pesanan para pedagang daging. Sejak dini hari para pedagang daging telah mengantre demi mendapatkan daging untuk dijual kembali di pasar-pasar.

Seperti yang disampaikan seorang pedagang, Widyawati, sebelum datang ke depot daging terlebih dahulu ia harus memesan agar tidak kehabisan. Selain dari pasar Demak, ia juga masih harus mendatangkan daging dari rumah jagal di Jepara.

Kini dalam sehari ia mampu menghabiskan 400 hingga 500 kilogram daging sapi untuk dijual. Berbeda dari hari-hari biasa yang tak lebih dari 100 kilogram daging saja. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Seminggu menjelang lebaran nanti ia pun berencana untuk memotong sapi sendiri. Namun bila masih kurang akan kembali mengambil daging dari rumah-rumah jagal.

"Harus pesan dulu, kalau tidak ya kehabisan," ujar Widyawati, pedagang daging.

Sementara salah seorang pemilik rumah jagal Asyiah mengatakan, kini masih memotong 2 atau 3 ekor sapi per hari. Namun mulai H-10 Lebaran Idul Fitri ia akan memotong 15 ekor sapi setiap hari.

Harga jual daging pun akan dinaikkan/ mengikuti harga sapi yang juga terus melambung. Daging sapi tersebut tidak hanya dipasarkan di Demak saja, melainkan juga di sejumlah pasar Kabupaten Kudus. Setidaknya terdapat 4 rumah jagal yang berada di pasar Bintoro Demak.

"Jelang Lebaran kita akan potong 15 ekor sapi setiap harinya," ungkap pemilik rumah jagal, Asyiah.

Kini harga daging sapi masih berkisar antara Rp62 ribu-Rp65 ribu per kilogram. Namun, harga tersebut akan cepat berganti beberapa hari kedepan, sesuai dengan tingginya permintaan konsumen. Diperkirakan pada Lebaran nanti harga daging sapi mencapai Rp75 ribu per kilogram.
(and)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6363 seconds (0.1#10.140)