Bank Sentral Inggris 'bajak' gubernur Bank Sentral Kanada

Selasa, 27 November 2012 - 14:45 WIB
Bank Sentral Inggris bajak gubernur Bank Sentral Kanada
Bank Sentral Inggris 'bajak' gubernur Bank Sentral Kanada
A A A
Sindonews.com - Inggris mengumumkan Gubernur Bank Sentral Kanada Mark Carney akan menjadi gubernur baru atas Bank of England (Bank Sentral Inggris). Ini merupakan pertama kalinya Inggris merekrut warga negara asing untuk memimpin bank sentralnya yang sedang dalam fase perubahan besar.

Dilansir dari AFP, Selasa (27/11/2012), Menteri Keuangan Inggris George Osborne mengatakan kepada pemangku kebijakan, bahwa Carney yang berusia 47 tahun tersebut adalah bankir yang bertangan dingin di eranya.

Selain itu, Carney sendiri merasa tersanjung atas pemilihan dirinya sebagai gubernur bank sentral di negeri milik Ratu Elisabeth tersebut.

"Dia saat ini adalah yang terbaik, mempunyai banyak pengalaman, dan merupakan orang yang mempunyai kualifikasi yang bagus di dunia untuk menjadi gubernur selanjutnya di Bank of England," ungkap Osborne dalam pernyataannya di depan parlemen.

Sekadar informasi, Carney saat ini tercatat sebagai gubernur bank sentral Kanada dan menjadi ketua Financial Stability Board (FSB) yang dipimpinnya secara global. Posisi yang diraihnya ini akan menggantikan Mervyn King, yang sudah menduduki jabatan di BoE sejak 2003 dan akan berakhir pada 30 Juni 2013.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4320 seconds (0.1#10.140)