Jateng targetkan ekspor hortikultura 1 kontainer/hari

Senin, 11 Maret 2013 - 19:44 WIB
Jateng targetkan ekspor hortikultura 1 kontainer/hari
Jateng targetkan ekspor hortikultura 1 kontainer/hari
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menargetkan untuk mengekspor sejumlah komoditas hortikultura minimal satu kontainer setiap hari pada 2013. Target tersebut disesuaikan dengan tingginya permintaan komoditas hortikultura yang tumbuh di wilayah Jateng.

"Sepanjang 2013, kita menargetkan setiap hari bisa mengekspor hortikultura minimal satu kontainer. Mengingat tingginya permintaan komoditas hortikultura di Jateng, seperti buncis, terong, melon, kentang, nanas, salak, semangka, durian, manggis, tanaman hias, aneka sayuran, dan lain-lain," kata Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Jateng, Aris Budiono, Senin (11/3/2013).

Menurutnya, permintaan ekspor mengalami peningkatan setiap tahun. Pada 2011, permintaan mencapai 444 ton dalam setahun dan 927 ton pada 2012. "Ini bukan hanya di Singapura saja, tapi juga negara lain seperti China, Malaysia, Arab Saudi, dan lain-lain," ujarnya.

Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Hasanudin Ibrahim menegaskan, para importir diupayakan untuk tidak mengimpor hasil hortikultura, sebab hasil pertanian di dalam negeri sudah cukup mumpuni.

"Memang sekarang peraturan untuk impor dipermudah, tapi kami juga meminta pada importir untuk memberdayakan petani lokal, karena ketika petani dibina dengan baik pasti akan menghasilkan produk yang baik," ujarnya.

Dia menambahkan, pasar ekspor hortikultura saat ini telah terbuka. Antara lain ke beberapa negara Amerika, Rusia, China, Timur Tengah, Eropa, dan Asia Tenggara.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6006 seconds (0.1#10.140)