Walikota Depok ajak warga tanam bawang putih di rumah

Kamis, 14 Maret 2013 - 17:18 WIB
Walikota Depok ajak warga tanam bawang putih di rumah
Walikota Depok ajak warga tanam bawang putih di rumah
A A A
Sindonews.com - Sudah sepekan terakhir harga bawang putih terus melonjak tajam di atas Rp50 ribu per kilogram. Untuk menyikapinya, Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail mengajak warga Depok untuk mengembangkan sendiri melalui Rumah Pangan Lestari yakni membudidayakan tanaman hortikultura.

Sebagai ahli teknologi pangan dari Texas A & M University dan Institut Pertanian Bogor (IPB), dia memiliki tips agar ibu rumah tangga bisa mengganti bawang dengan bumbu masak lainnya. Nur Mahmudi meminta agar masyarakat jangan ketergantungan pada bawang merah dan bawang putih.

"Coba kembangkan ide kreatif, misalnya boleh pakai ketumbar. Itu tetap gurih. Tak boleh tergantung pada bawang merah dan bawang putih, kembangkan rekayasa, jangan merasa harga bawang mahal," tegasnya kepada wartawan, Kamis (14/3/2013).

Dia juga mengajak bahwa kenaikan harga bawang merah dan bawang putih sebagai tantangan. Ia meminta agar para petani hortikultura memanfaatkan masa panen raya dengan baik agar tak tergantung pada produk impor.

"Manfaatkan tantangan kita untuk memproduksi, saat masa panen tapi harga juga murah sekali jangan, mahal sekali jangan. Yang penting menguntungkan petani," imbuhnya.

Nur Mahmudi menegaskan, ibu rumah tangga bisa mulai menanam tanaman hortikultura dengan media pot di rumah. "Manfaatkan aneka tanam di pekarangan. Optimalisasi Rumah Pangan Lestari agar dikembangkan. Lalu pemerintah harus lebih sungguh-sungguh mengontrol supaya bisa sejahtera," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7389 seconds (0.1#10.140)