Dahlan minta Bulog dan RNI bantu masalah bawang

Kamis, 14 Maret 2013 - 17:57 WIB
Dahlan minta Bulog dan RNI bantu masalah bawang
Dahlan minta Bulog dan RNI bantu masalah bawang
A A A
Sindonews.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan prihatin dengan kenaikan harga bawang yang tidak terkendali. Meskipun bukan di wilayah kerjanya, namun Dahlan menginstruksikan BUMN di bawahnya, yaitu Bulog dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) untuk dapat mengatasi kelangkaan komoditas tersebut di pasar.

"Saya minta Bulog dan RNI menjajaki kemungkinan bisa mengimpor bawang, agar ketersediaan barang tercukupi, sehingga harga bisa ditekan. Silakan Bulog mengurus perizinannya," kata Dahlan Iskan dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Hiruk-pikuk kenaikkan harga bawang putih dan bawang merah sudah kelewatan. Saat ini harga bawang putih menyentuh di harga Rp80 ribu per kg. Demikian juga dengan bawang merah. Bahkan di beberapa daerah, harga bawang putih mencapai Rp100 ribu per kg.

Sebelumnya diberitakan, kinerja Menteri Pertanian (Mentan) Suswono dan Menteri Perdagangan (Menperin) Gita Wirjawan dalam penanganan masalah lonjakan harga bawang merah, bawang putih dan daging sapi, dikeluhkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Keluhan itu dikemukakan saat membuka Sidang Kabinet Terbatas Bidang Ekonomi di kantor Presiden, jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2013).

SBY mengaku belum melihat langkah-langkah serius dan nyata dari dua menteri tersebut dalam penanganan melambungnya beberapa harga bahan pokok.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4607 seconds (0.1#10.140)