Pedagang yakin harga bawang akan kembali normal

Kamis, 21 Maret 2013 - 17:24 WIB
Pedagang yakin harga...
Pedagang yakin harga bawang akan kembali normal
A A A
Sindonews.com - Pedagang di pasar tradisional Bandung yakin harga bawang putih akan terus turun hingga kembali pada harga normal sekitar Rp20 ribu/kg. Karena persediaan bawang putih impor sudah menyebar ke pasar-pasar tradisional.

"Minggu depan harganya akan kembali normal. Saya berharap, kondisi ini cepat pulih dan daya beli konsumen normal lagi," ujar pedagang bawang di Pasar Cihaurgeulis, Bandung, Dadang Irawan, Kamis (21/3/2013).

Penurunan harga bawang putih tersebut, lanjutnya, tentunya menjadi angin segar bagi para pedagang. Terlebih hal tersebut pun akan membuat daya beli masyarakat naik lagi.

Tetapi, lanjut dia, belum stabilnya harga bawang membuat pedagang belum berani menjual bawang dalam jumlah besar. Karena harganya terus berubah dan mengalami penurunan. Pedagang, lanjut dia, dalam sehari mengambil rata rata 5-10 kg.

Pedagang, kata Dadang, akan kembali memasok bawang dalam jumlah normal apabila harga telah stabil. Apabila pedagang mengambil bawang dalam jumlah besar, makan pedagang akan dirugikan. Pedagang pun berharap, pemerintah bisa memantau pergerakan harga komotas agar tidak terjadi kenaikan harga seperti pekan lalu.

Diketahui, naiknya harga bawang putih beberapa pekan lalu berdampak pada rendahnya daya beli masyarakat terhadap komoditas lainnya. Seperti pedagang daging ayam, ikan, dan lainnya. Sementara industri olahan bawang goreng seperti di Kuningan sempat tersendat, akibat tingginya harga bahan baku.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8457 seconds (0.1#10.140)