Indonesia minta kejelasan kebijakan stimulus AS

Rabu, 04 September 2013 - 11:12 WIB
Indonesia minta kejelasan kebijakan stimulus AS
Indonesia minta kejelasan kebijakan stimulus AS
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Indonesia menyerukan Federal Reserve AS (Fed) memberikan kejelasan lebih lanjut, kapan akan meredakan program stimulus.

Ekonomi terbesar di Asia Tenggara serta pasar negara berkembang lainnya telah terkena arus balik besar uang asing sejak Mei lalu, saat Fed pertama kali mengisyaratkan pengurangan program pembelian obligasi USD85 miliar per bulan.

Menteri Keuangan, Chatib Basri mengeluhkan, kurangnya transparansi atas proses pengurangan stimulus bank sentral AS.

"Orang-orang menduga bahwa Fed akan mulai melakukan menyempitkan (stimulus) pada September. Tapi, kami tidak begitu yakin," ujar Menkeu, menekankan sulit bagi Jakarta merumuskan kebijakan tidak pasti kepada Financial Times, seperti dilansir dari AFP, Rabu (4/9/2013).

Komentarnya muncul menjelang pertemuan puncak G20 di Rusia pekan ini. Di mana kekayaan ekonomi di pasar negara berkembang terus memburuk.

Kebijakan pelonggaran Fed memicu investasi di negara berkembang karena investor mencari hasil yang lebih baik. Tapi, arus modal kini sudah mulai mengering karena ekonomi AS menunjukkan tanda-tanda penguatan.

Di antara negara-negara yang paling menderita adalah mereka dengan defisit transaksi berjalan besar, seperti Indonesia. Seperti diketahui, defisit perdagangan Indonesia tiba-tiba memukul rekor tertinggi pada Juli, menggarisbawahi tantangan yang dihadapi pembuat kebijakan di negeri ini.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5232 seconds (0.1#10.140)