IHSG masuki masa konsolidasi

Senin, 18 November 2013 - 08:14 WIB
IHSG masuki masa konsolidasi
IHSG masuki masa konsolidasi
A A A
Sindonews.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tampak mulai memasuki masa konsolidasi setelah pekan lalu sempat drop cukup rendah. Namun, IHSG hari ini diprediksi bisa menguat asal tidak diusik oleh pelemahan rupiah dan berita negatif pejabat yang terlibat korupsi.

Kepala Riset MNC Securities Edwin Sebayang memperkirakan, IHSG akan bergerak pada rentang 4.302-4.387.

"Minggu ini ada harapan IHSG masuk masa konsolidasi dan menguat merujuk belum adanya moment dari dalam negeri yang akan membuat market shock dari sisi ekonomi makro dan hampir usainya rilis LK Q3/2013," kata Edwin, Senin (18/11/2013).

Namun demikian, tetap perlu diwaspadai potensi pelemahan yang mungkin mendera IHSG jika nilai tukar rupiah melemah di atas Rp11.700 per USD. Selain itu, juga sentimen negatif adanya kejutan dari Kasus Century dan Hembalang yang berpotensi akan kembali ditahannya beberapa nama penting oleh KPK.

Dari luar negeri, indeks di Wall Street akan terus melanjutkan kenaikannya. Bahkan Indeks S&P 500 diperkirakan bisa mencapai level 1.820-1.840 di akhir tahun 2013 dari level saat ini 1.798.

Hal ini lantaran semakin terang bederangnya komentar calon Gubernur The Fed Janet Yellen yang akan melanjutkan kebijakan quantitive easing (QE), sebelum The Fed akan mengurangi paket stimulusnya menjadi USD70 miliar/bulannya dari USD85 miliar/bulan pada pertemuan The Fed 18-19 Maret 2014.

"Saya memperkirakan minggu ini Wall Street akan melanjutkan kenaikannya, dimana akan dipenuhi dengan berbagai speech dari presiden berbagai Bank Sentral Negara Bagian di Amerika Serikat," kata Edwin.

Sedangkan data ekonomi yang akan dirilis cukup ringan, seperti CPI, retail sales, business inventories, existing home sales di hari Rabu, kemudian ada jobless claims, PPI, manufacturing PMI, Philadelphia Fed survey, leading indicators di hari Kamis.

Sementara kinerja keuangan emiten yang ditunggu kembali fokus dari sektor retail sebelum masuk ke Christmas Shopping, seperti home depot, best buy di hari Selasa, kemudian ada J.C. Penney, Lowe's di hari Rabu, serta target Abercrombie and Fitch, gap di hari Kamis.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4276 seconds (0.1#10.140)