Kementerian ESDM Serahkan 9 SK Titik WKP

Rabu, 04 Juni 2014 - 13:37 WIB
Kementerian ESDM Serahkan 9 SK Titik WKP
Kementerian ESDM Serahkan 9 SK Titik WKP
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hari ini menyerahkan sembilan surat keputusan (SK) terhadap sembila titik wilayah kerja panas bumi (WKP).

Penyerahan ini berbarengan dengan diselenggarakannya The 3rd Indonesia EBTKE-ConEx 2014 bertajuk "Time to deliver clean energy for the nation" di JCC, Jakarta, hari ini.

Direktur Panas Bumi, Kementerian ESDM Tisnaldi mengatakan, melalui SK tersebut maka tender untuk mendapatkan investor yang akan menggarap proyek pembangkit listrik di sembilan lokasi tersebut sudah dapat dilakukan.

"Kita sekarang telah menyerahkan sembilan WKP kepada bupati, gubernur dan Pemda, totalnya lebih dari 1.000 Megawatt (mw). Kita pertama lakukan survei, kemudian lelang, terakhir eksplorasi. Supaya lebih pasti data di WKP tersebut. Sembilan titik ini akan dilelangkan. Yang siap tender ada delapan titik," katanya di JCC, Jakarta, Rabu (4/6/2014).

Dia mengatakan, sembilan WKP tersebut tersebar di sejumlah lokasi di tanah air, meliputi Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Halmahera Utara dan Halmahera Barat.

"Di Jatim ada empat WKP, karena di situ banyak potensi, mereka serius, dan pemdanya profesional," imbuhnya.

Sekadar informasi, sembilan WKP tersebut menyimpan potensi geothermal sebesar 1030 mw, dengan asumsi total kapasitas pengembangan 45% dan akan memberi potensi investasi USD2,1 miliar atau sekitar Rp23 triliun.

WKP ini diperkirakan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 333 tenaga penunjang, 56 tenaga teknisi dan 167 orang tenaga oeperator.

Penyerahan surat keputusan WKP ini dilakukan langsung oleh Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral Jero Wacik. Adapun sembilan WKP tersebut meliputi:

1 WKP Geraho Nyabu, Kerinci- Jambi‬ sebesar 200 mw
‪2 WKP Gunung Talang, Bukit Kili, Solok-Sumatera Barat sebesar 65 mw.‬
3 WKP Gunung Arjuno Welirang, Pasuruan, Malang-Jawa Timur 185 mw.‬
4 WKP Gunung Pandan, Madiun- Jawa Timur sebesar 60 mw.‬
5 WKP Gunung Wilis, Jawa Timur sebesar 50 mw.
6 WKP Gunung Songkoroti, Blitar, Malang- Jawa Timur sebesar 35 mw.‬
7 WKP Gunung Gde Pemgrango, Jawa Barat sebesar 85 mw.‬
8 WKP Gungung Hamiding, Halmahera Utara sebesar 265 mw.
9 WKP Telaga Rano, Halmahera Utara sebesar 85 mw.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6940 seconds (0.1#10.140)