CT: Asumsi Makro di APBN 2014 Bukan Target Mutlak

Selasa, 05 Agustus 2014 - 19:49 WIB
CT: Asumsi Makro di APBN 2014 Bukan Target Mutlak
CT: Asumsi Makro di APBN 2014 Bukan Target Mutlak
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Chairul Tandjung mengatakan, target asumsi makro yang ada di Angaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2014 untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sebesar 5,5% bukan merupakan target mutlak. Asumsi tersebut hanyalah untuk membuat postur APBN.

"Jadi asumsi target APBN yang ada itu asumsi untuk membuat APBNP. Jadi asumsi itu bukan merupakan target mutlak, itu asumsi untuk membuat postur APBN," terang pria yang akrab disapa CT pada Konferensi Pers hari ini di Kantor Kemenko Jakarta, Selasa (5/8/2014).

Kendati demikian, dirinya mengaku tetap berharap asumsi yang ada tersebut dapat dicapai. Namun melihat tren ekonomi global yang ada, pertumbuhan ekonomi yang realistis berada pada kisaran 5,2% hingga 5,5%.

"Kalau ekspansi signifikan bisa 5,5%. 5,2% angka paling konservatif yang bisa kita range di angka pertumbuhan ekonomi kita," tambahnya.

Menurutnya, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dengan sangat signifikan. "Konsumsi domestik sudah sangat bagus, kalau kita bisa dipertahankan, hampir 60% kontribusi PDB disumbang dari konsumsi. Kuartal III akan kita dorong belanja pemerintah untuk tumbuh signifikan, ekspor juga akan kita tingkatkan dengan diselesaikannya minerba, investasi juga yakin tumbuh dengan baik, krarena ada pilpres aja tumbuh baik," tukas CT.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0068 seconds (0.1#10.140)