Biaya Administrasi Tabungan Bank Beratkan Masyarakat Kecil

Jum'at, 26 September 2014 - 06:34 WIB
Biaya Administrasi Tabungan Bank Beratkan Masyarakat Kecil
Biaya Administrasi Tabungan Bank Beratkan Masyarakat Kecil
A A A
JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengungkapkan, banyak masyarakat yang dirugikan biaya administrasi tabungan bank. Terutama mereka yang memiliki tabungan kecil.

Koordinator Divisi Pengaduan dan Hukum YLKI, Sularsi menuturkan, masyarakat kecil terutama mereka yang memiliki tabungan di bawah Rp3 juta sangat dirugikan.

Jumlah uang mereka terus berkurang akibat biaya administrasi tidak sebanding dengan bunga. (Baca: YLKI Catat Pengaduan Perbankan Terbanyak Ketiga)

"Konsumen dirugikan oleh administrasi perbankan yang mahal. Hal ini tidak sesuai dengan upaya pemerintah menggalakkan budaya menabung," ujarnya, dalam acara Roundtable Discussion Koran Sindo bersama OJK, bertajuk "Pengawasan Perlindungan Konsumen di Industri Perbankan" di Auditorium Gedung Sindo, Jakarta, Kamis (25/92014)

Menurut Sularsi, pribahasa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit saat ini tidak berlaku. Mereka yang memiliki manfaat adalah orang-orang dengan jumlah tabungan besar.

Apalagi budaya untuk menabung dengan masif diterapkan mulai dari anak-anak. "Kasihan mereka. Tabungan anak-anak hanya Rp200 ribu. Saya kira rohnya tabungan diambil oleh bank. Ini tidak mendidik mereka," bebernya.

Untuk itu, YLKI meminta kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengevaluasi dan memperhatikan hal ini dengan serius. Karena yang dirugikan adalah masyarakat yang memiliki tabungan kecil atau mereka yang memiliki rekening dengan gaji kecil.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5081 seconds (0.1#10.140)