40 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Tertinggi di Dunia, Ada Tetangga Indonesia

Senin, 31 Juli 2023 - 13:26 WIB
Metodologi

Seperti dikutip dari Insider Monkey, dalam menentukan daftar negara dengan kemiskinan pada tahun 2023 dipakai data dari database Bank Dunia. Untuk lebih tepatnya tentang tingkat kemiskinan ini, dipilih berdasarkan rasio jumlah penduduk miskin dengan pengeluaran USD2,15 per hari menurut indikator Bank Dunia.

Indikator ini kemudian menghasilkan persentase populasi suatu negara yang saat ini bertahan hidup dengan penghasilan kurang dari USD2,15 per hari dan didefinisikan sebagai ambang kemiskinan oleh Bank Dunia dan PBB. Khusus untuk kemiskinan ekstrem batasannya USD1,90 per hari sebelumnya tetapi direvisi berdasarkan PPP 2017 (paritas daya beli).

Dalam daftar ini merujuk juga pada Laporan Prospek Ekonomi Dunia Dana Moneter Internasional (IMF) April 2023 untuk memahami bagaimana PDB (Produk Domestik Bruto) negara-negara tersebut telah berubah dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan semua itu, berikut daftar 40 negara dengan tingkat kemiskinan tertinggi:

40. Mali

Penghasilan di bawah USD2,15

Tingkat Kemiskinan: 14,8%

Masyarakat pedesaan Mali masih berada dalam jurang kemiskinan. Keterbatasan ekonomi di negara ini, salah satunya dipengaruhi oleh curah hujan yang tidak menentu sehingga berdampak pada hasil pertanian. Selain itu, ketidaksetaraan gender dan pengangguran kaum muda memperburuk situasi.

39. Sudan

Penghasilan di bawah USD2,15

Tingkat Kemiskinan: 15,3%

Meskipun PDB Sudan mencapai USD46 miliar (hampir lebih tinggi USD12 miliar dari dua tahun lalu), namun 15,3% dari populasi masih bertahan dengan penghasilan rata-rata kurang dari USD2,15 per hari. Ketidakstabilan ekonomi di Sudan, salah satunya dipicu oleh konflik berkepanjangan dan tantangan lingkungan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More