Komitmen YIDH Dukung Pelaksanaan Peta Jalan Menuju Sawit Berkelanjutan di Aceh

Jum'at, 24 November 2023 - 21:23 WIB
PPI Compact kemudian disusun dan disepakati oleh multipihak yakni pemerintah, swasta, danlembaga masyarakat sipil. Dari sisi produksi misalnya, ditetapkan berapa targetpeningkatan produksi secara berkelanjutan. Dari sisi proteksi, disepakati berapa wilayahhutan yang yang harus direstorasi.Setelah kesepakatan dicapai, YIDH mendorong para multipihak untuk berkontribusi melalui sumber daya yang mereka miliki agar target PPI dapat terwujud. Untuk pelaksanaan PetaJalan itu sendiri, YIDH akan mengajak para multipihak mulai dari pemerintah, NGO danperusahaan swasta untuk membentuk Project Management Unit di tingkat provinsi.

Project Management Unit inilah yang akan mengoperasionalkan implementasi Peta Jalan ini.Mereka juga akan menyusun rencana aksi (action plan) terkait kelapa sawit di ProvinsiAceh. Program dan target peta jalan ini akan dioperasionalkan sebagai rencana aksi didokumen strategis Aceh, seperti Rencana Induk Perkebunan.



"YIDH akan tetap mendukung operasional peta jalan supaya tak hanya jadi dokumen saja,tetapi mengintergrasikan ke dalam rencana program pembangunan. Mulai dari RT, RW, hingga rencana induk perkebunan dan rencana investasi daerah" lanjut Idris.

Sebagai salah satu inisiator, YIDH optimistis Peta Jalan akan sukses dijalankan.

Pasalnya, sebelum Peta Jalan ini diresmikan, program sawit berkelanjutan di Aceh Tamiangsebagai pilot project sudah berjalan lancar. Model inilah yang akan menjadi contoh danditerapkan di 13 kabupaten lainnya.Peta Jalan Kelapa Sawit Berkelanjutan berperan penting dalam mendukung tercapainya target nasional untuk memberikan sertifikasi RSPO kepada 1 juta petani kelapa sawit pada tahun2025 mendatang.
(wur)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More