Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Dunia dan Fakta-faktanya, Nomor 1 Berharta Rp3.740 T

Selasa, 11 Juni 2024 - 09:07 WIB
Perusahaan ini juga memiliki Instagram dan WhatsApp, yang keduanya diakuisisi dan diperluas. Zuckerberg, CEO Meta, menjadikannya menjadi perusahaan publik pada tahun 2012 dan masih memiliki sekitar 13% darinya.

Dia dan istrinya Priscilla Chan telah berjanji untuk menyerahkan 99% saham mereka di perusahaan menuju "langkah-langkah yang mempromosikan potensi manusia." Salah satu tujuan ambisius yang mereka danai adalah pengembangan alat untuk membantu orang lain menyembuhkan, mengelola, atau mencegah semua penyakit pada akhir abad ini.

Zuckerberg dan Chan kepada Forbes tahun lalu membicarakan tentang upaya filantropi mereka. Dan Zuckerberg berbicara dengan Forbes pada September 2023 tentang dua taruhan terbesar Meta menjelang perusahaan berusia 20 tahun.

Zuckerberg bergabung kembali dalam daftar 10 besar orang terkaya di dunia pada musim panas 2023 untuk pertama kalinya sejak Januari 2022, usai saham Meta mengalami lonjakan. Selama bulan April, kekayaannya turun USD19 miliar, tetapi ia mempertahankan peringkat ke-4 dalam daftar.

5. Larry Ellison



Kekayaan bersih: USD141 miliar

Sumber: Oracle

Umur: 79 tahun

Tempat tinggal: Woodside, California

Kewarganegaraan: AS

Ellison mendirikan perusahaan perangkat lunak atau sofware Oracle pada tahun 1977 dan menjalankannya sebagai CEO hingga 2014; namun dia saat ini menjabat sebagai chairman dan Chief Technology Officer perusahaan. Selama bertahun-tahun Oracle telah melakukan serangkaian akuisisi besar, termasuk membeli Sun Microsystems pada tahun 2010 seharga USD7,4 miliar.

Pada tahun 2012, Ellison membeli 98% dari pulau Lanai di Hawaii seharga USD300 juta. Dia juga memiliki rumah di California dan Nevada. Ellison berinvestasi di Tesla dan bertugas di dewan perusahaan mobil listrik itu dari 2018 hingga Agustus 2022.

Selama Februari 2024, Ellison disusul oleh Mark Zuckerberg dan jatuh dari peringkat ke-4 di daftar orang terkaya ke No.5. Pada bulan April, kekayaan bersihnya tergelincir USD13 miliar.

6. Warren Buffett



Kekayaan bersih: USD133 miliar

Sumber: Berkshire Hathaway

Umur: 93 tahun

Tempat tinggal: Omaha, Nebraska

Kewarganegaraan: AS

Dikenal sebagai "Oracle of Omaha," Warren Buffett adalah salah satu investor paling sukses sepanjang masa. Dia menjalankan konglomerat investasi Berkshire Hathaway, yang memiliki lusinan perusahaan, termasuk perusahaan asuransi Geico, pembuat baterai Duracell dan rantai restoran Dairy Queen.

Putra seorang anggota kongres AS, ia pertama kali membeli saham pada usia 11 tahun dan pertama kali mengajukan pajak pada usia 13 tahun. Buffett membangun Giving Pledge dengan Bill Gates dan Melinda French Gates pada tahun 2010, meminta miliarder untuk berkomitmen memberikan setidaknya setengah kekayaan mereka kepada badan amal.

Buffett mengatakan, dia akan menyumbangkan 99% dari kekayaannya. Sejauh ini dia sudah memberikan setidaknya USD51,5 miliar saham Berkshire Hathaway kepada Gates Foundation dan yayasan yang dijalankan oleh anak-anaknya dan satu di antaranya dimulai oleh mendiang istri pertamanya.

Semua itu membuatnya menjadi miliarder paling dermawan di AS — dan di planet ini. Selama April 2024, kekayaan Warren Buffett turun hampir USD8 miliar, karena penurunan saham Berkshire Hathaway.

7. Bill Gates



Kekayaan bersih: USD128 miliar

Sumber: Microsoft, investasi

Umur: 68 tahun

Tempat tinggal: Medina, Washington

Kewarganegaraan: AS

Sebagai seorang remaja, Gates sangat tertarik dengan pemrograman komputer. Dia keluar dari Harvard untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak Microsoft dengan teman SMA-nya Paul Allen pada tahun 1975, lalu menciptakan salah satu program perangkat lunak pertama yang tersedia untuk industri komputer pribadi yang baru lahir.

Dia adalah CEO perusahaan selama 25 tahun dan tetap menjadi chairman hingga 2014. Dia akhirnya mengundurkan diri dari dewan pada tahun 2020, tetapi mengatakan kepada Forbes pada tahun 2023 bahwa dia masih menghabiskan sekitar 10% waktunya untuk berkonsultasi dengan tim di Microsoft.

Saat ini ia memiliki investasi di puluhan perusahaan, termasuk perusahaan pembuangan limbah Republic Services dan pembuat peralatan pertanian Deere & Co., dan merupakan salah satu pemilik lahan pertanian terbesar di AS.

Forbes pertama kali memasukkan Gates sebagai miliarder pada tahun 1987; Dia adalah orang terkaya di dunia dari tahun 1995 hingga 2017 (kecuali pada tahun 2008 dan dari 2010 hingga 2013). Sebagian besar karena USD59 miliar yang telah dia sumbangkan ke Gates Foundation, termasuk hadiah USD20 miliar pada Juli 2022, dia disusul sebagai orang terkaya di dunia pada tahun 2018 oleh Jeff Bezos.

Dia dan Melinda French Gates bercerai pada tahun 2021, Dia kemudian menerima sekitar USD10 miliar saham dan aset lainnya sebagai bagian dari penyelesaian perceraian.

Kekayaan Gates turun sekitar USD4 miliar selama bulan April dan dia merosot dari No.7 ke No.9 di bulan Mei. Itu adalah peringkat terendah dalam beberapa dekade ketika yang lain bergerak maju.

8. Steve Ballmer



Kekayaan bersih: USD117.1 miliar

Sumber: Microsoft, Clippers, investasi

Umur: 68 tahun

Tempat tinggal: Hunts Point, Washington

Kewarganegaraan: AS

Ballmer adalah teman sekelas Bill Gates di Universitas Harvard, Ia bergabung dengan Microsoft sebagai karyawan nomor 30 pada tahun 1980 setelah keluar dari program MBA di Universitas Stanford. Dia menjalankan Microsoft sebagai CEO dari tahun 2000 hingga 2014.

Ketika Ballmer pensiun dari Microsoft, ia membeli tim Los Angeles Clippers seharga USD2 miliar — rekor tertinggi untuk tim NBA pada saat itu. Forbes sekarang menghargai tim tersebut sebesar USD4,65 miliar.

Kekayaan Ballmer tergelincir dalam sebulan terakhir di tengah penurunan harga saham Microsoft. Ballmer dan istrinya Connie termasuk di antara 25 miliarder paling dermawan di Amerika.

9. Mukesh Ambani



Kekayaan bersih: USD116 miliar

Sumber: Reliance Industries

Umur: 67 tahun

Tempat tinggal: Mumbai, India

Kewarganegaraan: India

Mukesh Ambani memimpin dan menjalankan Reliance Industries dengan pendapatan USD110 miliar, yang memiliki bisnis dalam sektor petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, ritel hingga jasa keuangan.

Reliance didirikan oleh almarhum ayahnya Dhirubhai Ambani, seorang pedagang benang, pada tahun 1966 sebagai produsen tekstil kecil. Setelah kematian ayahnya pada tahun 2002, Ambani dan adiknya Anil membagi kerajaan bisnis keluarga.

Kini layanan telekomunikasi dan broadband Reliance Jio memiliki lebih dari 470 juta pelanggan. Pada Agustus 2023, Reliance mendaftarkan cabang keuangannya, Jio Financial Services.

Ambani kemudian memutar Reliance ke energi hijau. Perusahaan akan menginvestasikan USD80 miliar selama 10-15 tahun ke depan untuk energi terbarukan dan membangun kompleks baru di sebelah kilangnya.

Tercatat ketiga anak Ambani telah bergabung dengan dewan Reliance pada tahun 2023. Son Akash mengepalai Jio; putri Isha mengawasi layanan ritel dan keuangan; dan putra bungsu Anant berkecimpung dalam bisnis energi.

10. Larry Page



Kekayaan bersih: USD135.4 miliar

Sumber: Google

Umur: 51 tahun

Tempat tinggal: Palo Alto, California

Kewarganegaraan: AS

Page mendirikan mesin pencari Google dengan rekannya sesama mahasiswa PhD Stanford, Sergey Brin pada tahun 1998 dan menjabat sebagai CEO hingga 2001 dan dari 2011 hingga 2015. Dia sekarang menjabat sebagai anggota dewan induk Google Alphabet dan terus menjadi pemegang saham pengendali.

Selain itu Page juga adalah investor pendiri di perusahaan pertambangan asteroid Planetary Resources, yang diakuisisi oleh perusahaan blockchain ConsenSys pada tahun 2018. Ia masuh dalam jajaran 10 besar orang terkaya di dunia setelah lonjakan 15% dalam harga saham Alphabet pada Mei 2023.

Kekayaan Page naik lebih dari USD9 miliar di April setelah melonjak hampir USD11 miliar pada Maret 2024 karena saham Alphabet menguat.

Siapa orang terkaya di dunia?



Pada 1 Juni 2024, orang terkaya di dunia masih dipegang oleh CEO grup barang mewah Prancis LVMH, Bernard Arnault dengan kekayaan bernilai hampir USD209 miliar. Bernard Arnault merebut posisi nomor satu pada akhir Januari 2024, usai menyalip Elon Musk.

Siapa wanita terkaya di dunia?

Wanita terkaya di dunia saat ini adalah Francoise Bettencourt Meyers dari Perancis. Pada 1 Mei 2024, dia bernilai sekitar USD95.4 miliar dan merupakan orang terkaya ke-15 di dunia. Kekayaannya terletak pada kepemilikan sahamnya di raksasa kosmetik L'Oreal, yang ia warisi dari mendiang ibunya. Kakeknya dikenal sebagai pendiri L'Oreal.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More