Menegaskan Visi Menjadi The Most Responsible Fintech

Senin, 24 Juni 2024 - 14:06 WIB
Sedangkan seorang petani di Indramayu, Jawa Barat, Engkus mencatat, "Dengan dukungan Eratani, saya berhasil meningkatkan produktivitas lahan sebesar 20%. Bantuan mereka melebihi sumber daya pertanian dan panduan yang agronomis hingga membantu dalam penyerapan hasil panen."

Langkah-langkah penting dalam membangun ekosistem keuangan yang lebih inklusif, antara lain termasuk pengenalan deposito dari KoinWorks Bank yang menandai momen penting dalam upaya untuk mencetak laba pada paruh kedua tahun 2024. Langkah ini sejalan dengan komitmen untuk memperluas akses keuangan bagi semua orang. Capaian berikut ini merupakan pengaruh positif KoinWorks terhadap lanskap UMKM di Indonesia.

Ekosistem KoinWorks bertumbuh melalui kolaborasi

KoinWorks bermitra dengan para pemain kunci UMKM untuk meningkatkan ekosistem UMKM di Indonesia. Dipikirkan langkah ke depan tentang bagaimana tambahan modal melalui mitra bisnis yang tergabung dalam ekosistem KoinWorks dapat meningkatkan seluruh rantai pasokan, dan menyelesaikan kendala likuiditas.

Upaya tersebut juga diperkuat dengan dukungan dari pemerintah, fasilitator UMKM, dan pemain keuangan tradisional. Selain itu, mayoritas UMKM didanai oleh investor individu dari Indonesia yang percaya pada ekosistem UMKM Indonesia.

Ekosistem KoinWorks sebagai pembelajar yang bersemangat

KoinWorks menyediakan kesempatan belajar gratis untuk semua orang, dengan lebih dari 500 acara inklusi keuangan gratis dan hampir 135 ribu peserta secara keseluruhan. KoinPreneur telah menyelenggarakan delapan acara berdampak, termasuk webinar literasi keuangan, workshop registrasi bisnis, kunjungan ke kelurahan, bazar UMKM, dan pameran.

Inisiatif ini memberdayakan para pengusaha, dengan 69% peserta perempuan. Pengguna KoinWorks menunjukkan praktik keuangan yang maju, dan memastikan keberlanjutan dan skalabilitas usaha mereka.

Ekosistem KoinWorks memungkinkan akses awal keuangan

Melalui solusi keuangan yang inovatif dan inklusif, KoinWorks telah secara signifikan memperluas akses modal bagi UMKM di seluruh Indonesia. Dengan menyalurkan Rp27,3 triliun rupiah (USD1,8 miliar) kepada lebih dari 900 ribu UMKM, kami telah memberdayakan ribuan bisnis untuk berkembang dan tumbuh.

Dampak sosial yang kami hasilkan termasuk lebih dari 106 ribu pinjaman, dengan 83% dari pinjaman ini dibiayai oleh investor muda, menunjukkan komitmen kuat dari generasi muda untuk mendukung pembiayaan UMKM.

Portofolio KoinWorks mencerminkan dedikasi terhadap keragaman dan inklusi, dengan 80% bisnis adalah usaha mikro, 36% merupakan bisnis yang dimiliki oleh perempuan, dan 48% berlokasi di daerah pedesaan. Jangkauan yang luas ini menegaskan misi untuk mendemokratisasi akses keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di berbagai segmen masyarakat.

Ekosistem KoinWorks mengakselerasi pertumbuhan digital lebih cepat

Penciptaan lapangan kerja adalah pencapaian signifikan KoinWorks pada tahun 2023, dengan 95.000 lapangan kerja baru diciptakan oleh UMKM yang menerima pinjaman usaha dari KoinWorks. Angka ini meningkat 80% dibandingkan tahun sebelumnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More