7 Negara Arab dengan Pembelian Emas Terbesar, No Wahid Timbun 108,8 Ton

Senin, 30 September 2024 - 11:43 WIB
Pada September 2022, UEA mencatat puncak pembelian emas selama periode tersebut sebesar 10,5 ton, sedangkan Desember 2022 menjadi bulan dengan tingkat penjualan tertinggi, yaitu lima ton.

Data dari WGC menunjukkan bahwa Bank Sentral UEA (CBUAE) terlibat dalam berbagai kegiatan jual beli selama periode ini untuk menghasilkan keuntungan. Terutama karena sebagian besar saldo emasnya diperoleh dengan harga yang menguntungkan sebelum menyentuh rekor tertinggi berikutnya.

Bank sentral melanjutkan akumulasi cadangan emas pada awal 2015, membalikkan keputusan sebelumnya untuk melikuidasi semua kepemilikan emas dan mendiversifikasi cadangan devisanya dengan campuran mata uang global.

6. Yordania



Pembelian bersih: 9,8 ton

Total kepemilikan: 74,4 ton

Pembelian emas bersih Yordania menyentuh 9,8 ton sejak awal 2022, sehingga total cadangan emas menjadi 74,4 ton pada Juli 2024, yang mewakili 28,9% dari total cadangan devisa yang dimiliki oleh Bank Sentral Yordania. Semua ini menjadi strategi bank sentral untuk melakukan lindung nilai terhadap ketidakpastian geopolitik regional.

Pendekatan dengan pembelian emas menjadi sangat penting mengingat kedekatan Yordania dengan zona konflik di kawasan tersebut. Yordania memegang posisi kesepuluh di antara negara-negara Arab dalam hal cadangan emas, masing-masing mengikuti Arab Saudi, Lebanon, Aljazair, Irak, Libya, Mesir, Qatar, Kuwait, dan UEA, dalam peringkat negara-negara Arab dengan cadangan emas tertinggi.

7. Oman



Pembelian bersih: 6,71 ton
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More