Lima Rekomendasi TDA ke MPR Soal Membantu UMKM di Tengah Pandemi

Senin, 04 Mei 2020 - 19:32 WIB
Komunitas Tangan Di Atas (TDA) memberikan lima poin rekomendasi kepada Wakil Ketua MPR Bidang Aspirasi Masyarakat dan Daerah, Lestari Moerdijat atau akrab disapa Mbak Rerie terkait Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak wabah virus corona at
JAKARTA - Komunitas Tangan Di Atas (TDA) memberikan lima poin rekomendasi kepada Wakil Ketua MPR Bidang Aspirasi Masyarakat dan Daerah, Lestari Moerdijat atau akrab disapa Mbak Rerie terkait Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak wabah virus corona atau Covid-19. Hal ini disampaikan TDA saat melakukan meeting zoom dengan Ririe.

Dalam kesempatan tersebut, ada 5 point yang disampaikan oleh TDA yang selama ini konsern memberikan arahan dan pelatihan kepada para pelaku UMKM dengan seluruh anggotanya yang ada di 95 Kota di Indonesia. Pertama terkait perpajakan. TDA yang anggotanya pelaku UMKM meminta kepada pemerintah untuk membebaskan pph final hingga 1 tahun kedepan

Kedua, TDA meminta percepatan perizinan karena UMKM banyak yang harus berganti bisnisnya menyesuaikan kondisi di masyarakat sehingga mengharuskan pivot atau switch ke unit bisnis lain. Sayangnya pemerintah lamban dalam membantu perijinan.



“Di lapangan yang terjadi banyak kantor pemerintahan yang justru malah tutup sehingga UMKM tidak bisa mengurus perijinan. Selama masa Covid ini kami berharap perijinan lebih serius lagi membantu UMKM agar tetap berjalan,” ujar Rudi Sahputra, Direktur Kebijakan Publik TDA.

Dan yang ke-3 terkait peminjaman lunak agar pemerintah memberikan keringanan terhadap UMKM yang memang membutuhkan. Ke-4 yakni pembinaan usaha. TDA memiliki Kelompok Mentoring Bisnis (KMB) yang mungkin bisa disinergikan sebagai mitra BUMN.

Terakhir untuk memperluas akses pasar. TDA sudah membuat platform belitda.com yang berisi katalog produk UMKM dari sekitar 23.000 member yang bisa disinergikan dengan program pemerintah dan berharap pemerintah bisa memberikan akses pasar seluas-luasnya dalam mendukung program TDA ini.

TDA berharap diskusi tersebut nantinya bisa dimasukkan dalam agenda Kementerian Koperasi dan UKM. Presiden TDA sekaligus owner Malang Strudel Donny Kris Puriyono merasa puas terhadap pertemuan kali ini yang difasilitasi langsung oleh Wakil ketua MPR.

"Kami bisa dialog langsung dan menyampaikan aspirasi dari 23.000 member UMKM kami di seluruh Indonesia. Di masa seperti ini kita perlu lebih bersatu lagi, dan jalan bersinergi antara UMKM dan pemerintah. Apalagi Bu Lestari Moerdijat langsung gerak cepat dalam pertemuan itu dengan mengkontak bidang-bidang terkait pemerintah lainnya untuk segera bisa meneruskan aspirasi kami untuk menambah masukan terkait kebijakan pemerintah,” terang Donny.

“Bu Lestari Moerdijat mengatakan pertemuan seperti ini akan sering dilakukan lagi untuk lebih memperdalam serapan aspirasi masyarakat dari bawah,” sambung Donny.
(akr)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More