Sinyal Positif dari Fenomena IPO Sejumlah Startup

Selasa, 21 September 2021 - 09:43 WIB
Nyoman mengungkapkan dua sektor usaha yang kemungkinan akan berkembang adalah kesehatan dan pendidikan. Saat ini, kata dia, sudah banyak aplikasi-aplikasi yang menawarkan pembelajaran jarak jauh atau daring, misalnya kursus matematika. Di dunia kesehatan, penggunaan layanan telemedicine semakin meningkat saat pandemi Covid-19.

“Ke depan akan lebih marak lagi, aplikasi untuk membaca hasil rontgen atau CT Scan. Nanti akan dilakukan oleh mesin dan komputer tanpa bantuan manusia. Pada awalnya belum sempurna. Ke depan yang dilakukan mesin dan komputer akan menjadi akurat dan mengalahkan manusia. Perkembangan (teknologi) kedokteran di banyak negara sudah sangat pesat,” tuturnya.

Dia menuturkan, kehadiran para startup itu tentunya membutuhkan dana. Sementara para pencipta aplikasi dan perusahaan rintisan biasanya tak memiliki cukup dana untuk melakukan pengembangan.

Untuk itu, dia menyarankan bagi siapapun yang akan turun ke bisnis ini dapat melahirkan ide-ide inovatif dan bisa segera dimonetisasi. “Ada investor yang baik, kasih jangka panjang. Ok lima tahun, saya lihat. Semoga berhasil. Ada juga investor yang ingin hasilnya cepat,” pungkasnya.
(ynt)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More