Dukung Pertumbuhan Wirausaha Baru, Indonesia Fund Festival 2021 Resmi Digelar

Selasa, 14 Desember 2021 - 16:11 WIB
Tak hanya itu, ajang IFF 2021 juga untuk mempromosikan Koperasi dan UMKM agar dapat naik kelas, agar mudah mengakses digitalisasi, agar dapat promosi di level regional, dan agar dapat dikenal di level internasional. "Hari ini komitmen tersebut sedikit demi sedikit kita wujudkan dengan kolaborasi bersama dalam penyelenggaraan Indonesia Fund Festival 2021 ini," kata Supomo.



Ia menambahkan, penyelenggaraan IFF 2021 juga didukung penuh oleh Orbit Venture Indonesia dalam mempromosikan startup Koperasi dan UMKM agar terkoneksi dengan investor internasional serta menjadi startup kelas dunia.

Adapun penyelenggaraan IFF 2021 diikuti oleh 17 tenant pilihan program wirausaha LPDB-KUMKM dan telah dikurasi melalui Investor Readiness Rate (IRR) oleh Orbit Venture Indonesia.

Program Green Incubator LPDB-KUMKM

Menurut Supomo, LPDB-KUMKM juga terus mengembangkan program inkubator wirausaha melalui kerja sama dengan berbagai lembaga inkubator di seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, LPDB-KUMKM juga terus membuat lembaran-lembaran inovasi baru yang salah satunya adanya pembentukan 2 (dua) wings kerja sama dengan inkubator dan pendampingan, dengan tujuan proses bisnis LPDB-KUMKM dapat berubah menjadi venture like model untuk mensupport core bisnis utama LPDB-KUMKM penyaluran dana bergulir kepada koperasi.

"Alhamdulillah kedua wings ini sudah mulai berjalan dan mulai menemukan bentuk baru, yang kami sebut dengan Green Incubator," kata Supomo.

Adapun, green incubator adalah model inkubasi oleh koperasi yang memberikan layanan inkubasi kepada ekosistem mitra atau anggota koperasi dengan skema closed loop incubation atau open loop incubation.

Green Inkubator mengubah paradigma inkubasi yang dilakukan oleh inkubator, agar ke depan incubator dapat menjadi Lembaga koperasi yang mandiri dan memiliki domino efek yang berkelanjutan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More