Kinerja BUMN Diapresiasi Bank Dunia, Erick Thohir: Ini Hasil Kolaborasi Bersama

Senin, 11 April 2022 - 17:01 WIB
"Menteri Erick juga membuat sistem untuk memastikan profesionalisme management perusahaan BUMN. Penting sistem yang dibuat oleh Menteri Erick dalam melihat performa perusahaan BUMN," kata Poppy.

Di saat proses recovery dan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, menurut Poppy peran perusahaan BUMN harus lebih proposional. Peran swasta nasional di saat pandemi Covid-19 mengalami tekanan, diharapkan dapat kembali mengambil peran dalam pemulihan ekonomi.

Dengan memberikan ruang ke sektor swasta di masa recovery pandemi Covid-19, akan membuat aselerasi pemulihan ekonomi Nasional menjadi lebih cepat. Pemulihan ekonomi jangka panjang harus mempertimbangkan kompetisi yang lebih fair dan transparan yang melibatkan sektor swasta Nasional.



Berdasarkan data dari IMF, posisi BUMN kian penting dalam peta perusahaan-perusahaan di dunia dalam 10 tahun terakhir. Begitupun Indonesia, BUMN merupakan sepertiga kekuatan ekonomi bangsa.

Oleh karena itu, Menteri BUMN Erick Thohir, terus mendorong BUMN meningkatkan kinerja agar memiliki kontribusi besar dalam pembukaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi. Erick mengatakan upaya perubahan BUMN telah terwujud dalam sejumlah program transformasi bisnis hingga human capital.

Transformasi yang dijalankan mulai membuahkan hasil positif dengan kenaikan laba bersih BUMN secara konsolidasi. Tak hanya itu, BUMN juga berkontribusi terhadap pasar bursa Indonesia yang mana 10 BUMN memiliki total valuasi hingga Rp1.907 triliun. Selama dua dekade terakhir, BUMN telah menjadi salah satu perusahaan multinasional terbesar dan paling cepat berkembang.
(nng)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More