5 Provinsi yang Jadi Kolam Harta Karun Indonesia, Nomor 4 Menyimpan yang Paling Diburu Dunia

Rabu, 25 Mei 2022 - 18:58 WIB
Bahan tambang yang ada di Papua salah satunya adalah emas. Provinsi ini sudah dikenal sejak dulu sebagai daerah penghasil emas terbesar di Tanah Air. Berdasarkan Booklet Tambang Emas Perak 2020 dari Kementerian ESDM , jumlah cadangan bijih emas terbesar di Indonesia ada di Provinsi Papua, yaitu sebanyak 52%.

3. Aceh

Provinsi yang terletak di bagian paling barat Indonesia ini juga mengandung banyak jenis sumber daya alam yang bernilai tinggi. Salah satu sumber daya Aceh yang paling terkenal adalah persediaan batu gampingnya, yang merupakan salah satu bahan baku semen. Sumber daya mineral ini banyak di temukan di daerah Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Sedangkan fasilitas pengemasannya berlokasi di Lhoknga dan Lhokseumawe.

Aceh juga mempunyai banyak pasokan migas. Bahkan perusahaan asal Singapura sempat melirik SDA migas yang berada di Meulaboh dan Singkil. Batu bara juga terkenal banyak terdapat di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Tak tanggung-tanggung, cadangan batu bara di Aceh mencapai 500 juta ton dengan kedalaman 80 meter.

4. Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki banyak sumber daya alam, baik itu di sektor pertambangan maupun sektor kelautan. Letak Jawa Timur yang berada di ujung pulau membuat provinsi ini dipenuhi sumber daya laut yang banyak, mulai dari ikan laut hingga terumbu karang.

Selain itu berdasarkan struktur alam yang dimiliki, provinsi ini memiliki banyak keuntungan dari sisi geologi. Terdapat kandungan minyak dan gas (migas) yang cukup signifikan, serta sumber-sumber bahan mineral lainnya seperti batu kapur, semen dan emas yang juga cukup besar. Bahkan berdasarkan RPJMD Jawa Timur Tahun 2014-2019, salah satu daerah di Jatim, Cepu, Bojonegoro sudah terkenal dengan produksi minyak dari akhir abad ke-18.

Di Sidoarjo, provinsi ini juga menyembunyikan harta karun paling langka di dunia, yaitu logam tanah jarang. Harta karun ini diduga tersemai di lumpur semburan Lapindo. Logam tanah jarang digunakan untuk berbagai keperluan industri strategis, salah satau kendaraan listrik.



5. Sulawesi Selatan
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More