Profil Bos Gazprom Rusia, Alexei Miller yang Dituding Mempermainkan Harga Gas

Jum'at, 17 Juni 2022 - 11:13 WIB
Kepala Eksekutif perusahaan raksasa gas Rusia Gazprom, Alexei Miller dituding oleh Menteri Ekonomi Jerman berusaha mendorong harga gas Rusia. Berikut profil andalan Putin pada sektor migas. Foto/Dok
JAKARTA - Kepala Eksekutif perusahaan raksasa gas Rusia Gazprom , Alexei Miller dituding oleh Menteri Ekonomi Jerman berusaha mendorong harga energi dengan mengurangi pasokan gas secara tajam. Miller pun meresponsnya dengan mengatakan, ini produk dan aturan kami.

Selain itu, ia juga mengatakan, Rusia akan bermain dengan aturannya sendiri usai membatasi jumlah gas ke Jerman di bawah 70 juta meter per kubik atau jauh di bawah setengah dari pasokan. Tak hanya Jerman yang dibatasi, perusahaan energi di Italia pun hanya menerima 65% dari gas yang diminta.



Berikut sepak terjang Miller di industri minyak dan gas (migas) Rusia. Miller lahir di Leningrad, 31 Januari 1962 dan tumbuh dalam keluarga Jerman Rusia. Miller lulus dari Institut Keuangan Ekonomi Leningrad pada 1984.

Usai lulus, Miller bekerja di Institut Penelitian dan Desain St. Petersburg. Lalu pada 1986, ia memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang S2.



Saat itu, ia pernah berpartisipasi pada klub ekonom muda yang dipimpin oleh Anatoly Chubais. Berkat Anatoly Chubais, pada 1990, Miller mulai bekerja di komite hubungan eksternal pemerintah St. Petersburg. Diketahui, ketua komite saat itu adalah Vladimir Putin.

Pada 1996-2000, Miller merupakan Direktur Pengembangan dan Investasi OAO Pelabuhan Laut St. Petersburg dan Direktur Umum Perusahaan Saham Gabungan Terbuka Sistem Pipa Baltik.

Setelah kemenangan Vladimir Putin di pemilihan presiden pada tahun 2000, banyak rekan-rekannya di pemerintahan St. Petersburg menerima posisi senior di Pemerintah dan perusahaan negara Rusia.

Alexey Miller, yang menerima jabatan Wakil Menteri Energi, tidak terkecuali. Untuk pekerjaannya yang sukses di posisinya, para ahli dan politisi memperkirakan ekonom yang sukses itu menduduki jabatan Menteri Energi Rusia, tetapi asumsi mereka tidak menjadi kenyataan. Pada tahun 2001, Miller menjadi kepala dewan OAO Gazprom
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More