Deretan Prangko Langka, Harganya Bikin Sesak Napas

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:04 WIB
Prangko ini dicetak secara terbatas pada tahun 1856. Para kolektor meyakini bahwa prangko The British Guiana 1C Magenta hanya tersisa satu buah di dunia sampai sekarang dan dicetak dengan tulisan latin. Selain itu, prangko ini juga satu-satunya prangko Inggris yang bukan dari koleksi Royal Postage.

Di balik harganya yang mahal, prangko ini pernah memiliki kontroversi tersendiri. Banyak klaim yang menyatakan bahwa prangko ini hanya replika dari perangko 4c yang dipercantik sedemikian rupa.

2. The Treskilling Yellow



Memiliki harga paling mahal ke-2 di dunia, prangko The Treskilling Yellow mempunyai kisah unik dalam proses pembuatannya. Saat dicetak, prangko ini memiliki kesalahan pada warnanya. Dipercaya bahwa warna kuning pada plat yang digunakan prangko ini rusak. Rona kekuningan tersebut seharusnya digunakan untuk mencetak pecahan 8 schilling. Itulah sebabnya perangko ini kerap kali disebut sebagai "kesalahan bank 3-shilling" (the 3-shilling bank error).

Namun di balik kisah unik tersebut, prangko The Treskilling Yellow termasuk ke dalam daftar prangko termahal di dunia. Harga prangko ini mencapai USD2,3 juta atau setara dengan Rp33,35 miliar. Diduga salah satu alasan mahalnya harga prangko Swedia ini adalah sejarahnya yang unik dan hanya dicetak dalam jumlah yang sedikit.

3. The First Two Mauritius



Prangko ini memiliki sejarah yang berkaitan dengan Kerajaan Inggris. Untuk meninggikan citra Ratu Victoria, Kerajaan Inggris pun mencetak prangko ini. Dikeluarkan pada tahun 1847, rupanya prangko The First Two Mauritius hanya diproduksi dalam dua denominasi. Prangko bernilai satu sen dicetak dengan warna oranye tua, sedangkan yang bernilai dua sen dicetak dengan warna biru tua. Hebatnya, prangko ini dibanderol harga lebih dari USD1,1 juta atau setara dengan Rp15,95 miliar.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More