Menko PMK: Polbangtan Kementan Ujung Tombak Regenerasi Petani Indonesia

Minggu, 21 Agustus 2022 - 20:41 WIB
“Menko PMK berpesan, lanjutkan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dengan melakukan inovasi tanpa henti sekaligus menyiapkan SDM pertanian untuk ketahanan pangan di masa depan. Pertanian yang kuat akan mewujudkan kedaulatan pangan nasional yang kuat pula,” katanya.

Direktur Polbangtan Malang Setya Budhi Udrayana membuka kuliah umum dengan mengurai tentang Polbangtan Malang yang berlokasi di Lawang, Malang, yang menggelar program vokasi dalam berbagai ilmu terapan untuk mendukung pembangunan pertanian.

“Polbangtan Malang didukung 52 orang dan 1.083 mahasiswa dari 26 provinsi di seluruh Indonesia. Model pembelajaran berbasis Teaching Factory disingkat TeFa, di mana mahasiswa akan terbiasa bekerja sekaligus menumbuhkan jiwa kewirausahawan,” kata Setya BU yang akrab disapa Uud.

Polbangtan Malang juga telah bekerjasama dengan 50 Dunia Usaha Dunia Kerja (DuDiKa) seperti Charoen Phokphan Indonesia, PT Medion, PT Bisi Indonesia TBP, PT Nestle, PT Astra Agro Lestari, Indolacto dan tujuh pemerintah daerah.

“Polbangtan Malang juga mengembangkan Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) baik bagi mahasiswa maupun masyarakat pada empat kabupaten melalui program Youth Enterpreneurship Supporting Services programme (YESS),” kata Uud.

Adapun salah satu misi yang dijalankan oleh Polbangtan, katanya, merekrut anak-anak dari keluarga petani untuk mendapatkan pendidikan tinggi tanpa menomorsatukan prestasi akademiknya. Bagi anak-anak tersebut juga diberikan bantuan biaya pendidikan, sehingga diharapkan melahirkan petani milenial yang maju di era digital.
(dar)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More