Bakal Wara-wiri di Jalanan Indonesia, Ini Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Motor Listrik

Senin, 26 September 2022 - 18:05 WIB


Meski memiliki keunggulan dibandingkan dengan motor berbahan bakar bensin, motor listrik juga memiliki kekurangan, di antaranya sebagai berikut:

1. Masih Jarang Tempat Pengisian Daya

Perlu diketahui, motor listrik merupakan kendaraan yang mampu menempuh jarak 80 kilometer hingga 100 kilometer. Sayangnya, belum ada jaminan adanya tempat pengisian daya per 100 kilometer jika motor itu kekurangan daya di perjalanan. Untuk itulah, saat ini motor listrik belum bisa untuk digunakan bepergian jauh seperti ke luar kota.

2. Minimnya Bengkel Resmi

Sama seperti poin sebelumnya, bengkel resmi untuk motor listrik ini ternyata masih tergolong minim. Ketika terjadi kendala di tengah perjalanan, kita tidak bisa begitu saja membawanya ke bengkel konvensional.

Tak hanya bengkel resmi, ketersediaan suku cadang atau spare part motor listrik juga masih minim di Indonesia. Spare part merupakan sebuah barang yang berisikan berbagai komponen dalam suatu kesatuan dan memiliki fungsi tertentu. Jika sudah begini, kendala pada motor listrik tentu akan sedikit merepotkan dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

3. Beban Maksimal Tidak Terlalu Besar

Kekurangan motor listrik selanjutnya adalah beban maksimalnya yang dirasa masih kurang.

Motor listrik memang memiliki rangka yang kokoh namun beban maksimal motor ini berbeda dari motor konvensional.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More