Tips MotionTrade: 3 Tips Menghadapi Unusual Market Activity

Senin, 30 Januari 2023 - 17:10 WIB
loading...
Tips MotionTrade: 3 Tips Menghadapi Unusual Market Activity
Jika suatu saat saham yang Anda miliki masuk dalam daftar UMA, maka tidak perlu panik. MotionTrade telah merangkum 3 tips yang bisa Anda lakukan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.



Pada investasi saham , salah satu pengumuman yang disampaikan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah aktivitas pasar saham yang tidak biasa. Aktifitas ini seringkali dikenal dengan Unusual Market Activity (UMA).

UMA merupakan aktivitas perdagangan atau pergerakan harga suatu efek yang tidak biasa pada kurun waktu tertentu yang menurut penilaian Bursa dapat berpotensi mengganggu terselenggaranya perdagangan efek yang teratur, wajar, dan efisien.

Ketika saham masuk dalam daftar UMA, biasanya akan ada peringatan. Namun, pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran dibidang pasar modal.



Jika suatu saat saham yang Anda miliki masuk dalam daftar UMA, maka tidak perlu panik. Hal ini bukan berarti Anda harus melepas saham yang Anda miliki. MotionTrade telah merangkum 3 tips yang bisa Anda lakukan, seperti:

1. Perhatikan Konfirmasi dari Perusahaan
Saham yang masuk dalam daftar UMA akan membuat perusahaan mengeluarkan konfirmasi (statement). Anda perlu memperhatikan dengan baik konfirmasi dari perusahaan tersebut.

Biasanya pihak BEI juga akan meminta konfirmasi pada perusahaan terkait dengan masuknya saham mereka dalam UMA. Jika tidak ada kemungkinan terjadi pelanggaran, Anda dapat tetap mempertahankan ( hold ) saham milik Anda. Namun Anda tetap harus mempertimbangkan mana langkah yang sebaiknya dilakukan.

2. Cermati Kinerja Perusahaan
Setelah emiten tersebut mengeluarkan konfirmasi, Anda dapat melanjutkan dengan melihat bagaimana kinerja perusahaan tersebut. Jika perusahaan terbuka memberikan konfirmasi dan memberikan kejelasan mengenai apa yang terjadi, ke depannya besar kemungkinan saham akan keluar dari daftar UMA.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2436 seconds (0.1#10.140)