Kisah Papua Muda Inspiratif, Raup Puluhan Juta dari Ternak Ayam Petelur

Rabu, 08 Februari 2023 - 15:30 WIB
loading...
A A A
Peternakan ayam petelur ini dikelola oleh para milenial anggota PMI, maupun masyarakat binaan mereka. Jumlah ternak ayam di setiap lokasi mencapai ribuan bahkan ada sampai puluhan ribu ekor. Omzet mereka berkisar puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulan.

Peternakan ayam yang dikelola profesional ini tersebar, yaitu di Kab. Manokwari ada 4 unit, Jayapura ada 3, Fak-Fak 2, Jayawijaya 2, Biak 2, Sorong 1, Keerom 1 dan Nabire 1. PMI juga memiliki binaan pada peternakan ayam pedaging dengan sebaran di 6 lokasi. Adapun lokasinya ada di Kabupaten Pegunungan Arfak 1 unit, Manokwari 2, Sorong 1, Teluk Bintuni 1 dan Tambrauw 1.

Program pemberdayaan masyarakat khususnya anak muda ini, sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, yang ditindaklanjuti oleh Made Kartikajaya.

Papua Muda Inspiratif Panen Jagung

Papua Muda Inspiratif (PMI) kembali melakukan panen jagung sebanyak 12 ton jagung di Distrik Waibu, Kab. Jayapura. Panen ini dilakukan PMI bersama Pembina PMI, Made Kartikajaya bersama masyarakat. Total lahan yang tersedia di Distrik Waibu, seluas 83,64 hektar. Saat ini sudah tertanam jagung seluas 20,3 Ha. Penanaman tersebut dilakukan dalam dua tahap, yakni tahap pertama seluas 5,3 hektar dan tahap kedua seluas 15 Ha.

Baca Juga: BIN Terus Bina Pemuda Papua Perkuat Ketahanan Pangan Lewat Pemberdayaan Masyarakat

Saat ini, lahan jagung sudah memasuki masa panen ketiga di bulan Januari-Februari 2023. Pada masa panen ini, ada sekitar sekitar 3 hektar yang dilakukan panen dengan menghasilkan jagung 12 ton. Hasil panen jagung saat ini disimpan digudang untuk selanjutnya di serap oleh off taker, yakni pabrik pakan ternak milik pengurus PMI, Mulyono. Selesai panen ini, lahan kembali di tanam jagung.

PMI memiliki lahan jagung ratusan hektar yang tersebar luas di Papua dan Papua Barat, seperti di Jayapura, Sorong, Merauke dan Tambrauw. Panen jagung sudah dilakukan di berbagai wilayah di Tanah Papua tersebut.

(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)